Kembalikan Budaya Literasi, IMM Sukoharjo Gelar Baret Merah Nasional

0
863

PWMJATENG.COM, SOLO – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Sukoharjo menggelar acara Baret Merah Nasional XV di Hotel Ramayana Surakarta. Acara yang digelar selama dua minggu pada tanggal 8 sampai 22 Februari 2017 itu bertujuan untuk mengembalikan budaya literasi yang sekarang sudah mulai hilang.

Alun Pratama selaku ketua umum IMM Sukoharjo menuturkan bahwa saat ini mahasiswa sedang memasuki masa krisis,budaya literasi yang identik dengan kegiatan membaca sudah mengalami penurunan. Tak hanya itu, Alun juga menegaskan bahwa hilangnya budaya literasi akan mengurangi wawasan di dalam diri mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat denganmudah mempercayai berita hoax yang saat ini banyak tersebar.

0203-baret-20203-baret-3

Acara Baret Merah tersebut diikuti oleh 39 peserta dari masing-masing perwakilan cabang IMM seluruh Indonesia. “Baret Merah merupakan salah satu cara perkaderan non formal IMM untuk membentuk kader yang siap menjawab tantangan zaman. Peserta BM akan dikarantina selama dua minggu dan disuguhkan dengan buku-buku bacaan khususnya filsafat, serta dilanjutkan dengan presentasi dan forum diskusi.” ungkap Dede Raya selaku ketua panitia.

0203-baret-4

Dalam acara ini diharapkan peserta mampu mengembalikan budaya literasi dikalangan mahasiswa sehingga menghasilkan gagasan-gagasan yang mampu diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. (alun pratama)