Kemah HW SMP Muhammadiyah 7 PU Colomadu, Tempa Kader Lebih Unggul

0
562

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu telah melaksanakan kemah HW dan LDK di Gadungan, Ngargoyoso, Karanganyar (17/10/2019).

Bagi anak sekolah Menengah Tingkat Pertama, salah satu kegiatan HW yang paling ditunggu-tunggu adalah kegiatan perkemahan. Kegiatan ini merupakan wahana berlatih anak, baik secara perseorangan maupun kelompok.

Dimulai dari persiapan sebelum hari pemberangkatan, anggota kelompok saling menjalin komunikasi yang baik dalam membagi peralatan yang dibawa. Mereka mulai bergotong royong, melakukan semua kegiatan bersama. Dari sini mulai tampak jiwa kepemimpinan, cara ketua mengkoordinir teman-temannya untuk mempersiapkan kebutuhan kelompoknya.

Persiapan perseorangan terutama barang-barang kebutuhan pribadi seperti alat tulis, alat makan, alat mandi, baju ganti, sampai obat-obatan. Pada tahap ini, anak sudah mulai belajar tentang apa yang perlu dibawa dan apa yang tidak perlu dibawa saat berkemah.

Ketika tiba di tempat perkemahan, anak mulai bersatu kembali menyiapkan “rumah” yang akan mereka singgahi selama 3 hari. Mereka tidak sendiri, dibantu dan ditemani oleh Dewan Sugli.

Hari pertama diisi dengan berbagai kegiatan yang mengasah mental anak. Kegiatan upacara pembukaan yang mendidik anak untuk disiplin dan percaya diri. Materi Leadership oleh Ust. Darmawan Budi ba’da Isya. Kegiatan jalan malam mencari beberapa bedge kelompok, mengajak anak agar berani menghadapi alam yang gelap, serta melatih kesetiaan kawan.

Memasuki hari kedua, dimulai dengan kegiatan Qiyamullail pukul 03.00 Wib di masjid. Kegiatan OKE, ibadah tetap KEREN.


Kegiatan selanjutnya ada Wide Game, yaitu jalan pagi menjelang siang melewati beberapa pos dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan sebelum melanjutkan perjalanan. Kegiatan ini mengajak anak untuk lebih tangkas, tangguh, terampil menghadapi masalah, dan tidak mudah menyerah. Terik matahari menjulang, asa tidak terputus. Materi LDK dari Pak Alfian membuat suasana tetap ceria. Kegiatan PBB oleh Ketum KOKAM tidak luput dari susunan acara. Ba’da Isya diisi materi IPM oleh IPM Daerah Karanganyar di masjid.
Dilanjutkan dengan kegiatan seni pada malam harinya, untuk mengasah jiwa seni dan memupuk kreatifitas.

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir, ada kegiatan out bond. Disamping sebagai hiburan, kegiatan ini mampu mengasah kecerdasan otak untuk menyelesaikan masalah. Diakhiri dengan upacara penutupan Kemah HW.

Kemah yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini berjalan dengan lancar, Alhamdulillah. (*)