Jadi Tempat Syuting Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak

0
42

PWMJATENG.COM, SOLO – Sambut adaptasi kebiasaan baru tahun 2021 mendatang, Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) Kota Surakarta bermitra Gita Pertiwi mengadakan syuting Film Standar Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Selasa (15/9/2020).

Sekretariat UKS/M Kota Surakarta Hartoyo mengatakan, di antara 5 hak dasar anak untuk mewujudkan Indonesia Maju adalah hak memperoleh asupan gizi yang cukup dan seimbang.

“Bersama anak-anak SD Muh 1 Ketelan. Berdiskusi termbimbing, hak partisipasi menentukan menu yang diinginkan teman-temannya untuk kantin. Sesuai perlindugan anak persiapan new normal,” kata Hartoyo.

Pada kesempatan itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko, mengemukakan berdasarkan sinopsis kantin sekolah menjadi salag satu komponen dalam sistem pendidikan di lingkungan sekolah yang keberadaannya sangatlah pendting dan harus dieprhatikan standarnya.

Pedoman standar kantin sehat di sekolah disusun agar menjadi acuan atau panduan sekolah untuk mewujudkan kantin sehat di sekolah. Yang muaranya kebutuhan gizi anak didik selama Kegiatan Belajar Mengajar terpenuhi melalui jajanan, pangan, yang diolah dan disajikan dengan cara yang benar.

“Adanya pandemi Covid-19standar kantin sesuai protokol kesehatan,”ucap Jatmiko.

Geliat galakkan Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta akhirnya berhasil meraih piagam ‘Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah’ dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Penerapan prinsip dasar keamanan pangan meliputi higiene pengolah pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat dan peralatan.

Dilatar belakangi kekhawatiran terhadap kondisi kesehatan anak akibat dari tidak dilaksanakannya perilaku hidup bersih sehat, anak lebih menyukai makanan cepat saji dan kebiasaan mengkonsumsi pangan bahan yang tidak bervariasi mendorong SD Muhammadiyah 1 Ketelan mendirikan kantin sehat sebagai bagian dari program Sekolah Sehat.

Mahasiswi Universitas Atma Jaya Jogjakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Gracia Kithara Musica Geraldia menambahkan, pembuatan film pendek diinisiasi Gita Pertiwi sejurus dengan program studi saya Sosiologi yang berfokus pada bisinis dan media.

“Take vidio dan setting-setting yang banyak terkadang antara dunia nyata dan frame tidak sama”, kata Kithara atau yang akrab Thara.

Humas, Jatmiko.