Enam Kader Terbaik Jurnalis TV Muhammadiyah Jateng Lulus UKJ

0
35
6 jurnalis TVMU di Jateng dinyatakan Kompeten (lulus) Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yg diselenggaran IJTI Pengda Jawa Tengah 18-19 Nop 2020 di Hotel Dafam Semarang.

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Enam kader terbaik Muhammadiyah Jawa Tengah lulus Uji Kompetensi Jurnalis televisi, yakni Hendra Apriyadi. M.Pd (Jurnalis tvMu Kabupaten Tegal), Lukmanul Hakim (Jurnalis tvMu Brebes), Isna (Jurnalis tvMu Semarang), Widada (Jurnalis tvMu Karanganyar), Tegar Roli (Jurnalis tvMu Purwokerto) dan Aji (Jurnalis tvMu Banyumas).

Para Jurnalis tvMu yang lulus UKJ telah berhasil mengikuti kompetensi yang ketat yang di ujikan langsung dan dinilai oleh asesor jurnalis televisi yang profesional dan IJTI Pusat .

Hadiah milad Muhammadiyah ke 108 dan milad tvMu , Enam Kader terbaik Muhammadiyah asal Jawa Tengah lulus Uji Kompetensi Jurnalis televisi yang di selenggarakan oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jawa Tengah . Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV) yang dibuka  Rabu (18/11/2020), bertempat di Hotel Dafam Semarang, Jawa Tengah. .

Kegiatan tersebut terlaksana hasil kerjasama IJTIdengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jateng. UKJTV ini diikuti 25 jurnalis televisi se-Jateng. Seperti dari Semarang, Grobogan, Pati, Rembang, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Banyumas, Tegal dan Brebes.

Menurut Ketua IJTI Pengda Jawa Tengah Teguh Hadi Prayitno, UKJ yang digelar IJTI merupakan komitmen IJTI untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para jurnalis televisi baik anggota IJTI maupun calon anggota IJTI.

“Inilah salah satu bukti kepedulian IJTI terhadap jurnalis. UKJ ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh IJTI Jateng, dan semuanya gratis” ujar Teguh.

Pelaksanaanya UKJTV berbeda dengan UKJ pada umumnya. UKJ yang dikhususkan bagi para jurnalis televisi ini tidak hanya menguji pengetahuan dan menulis saja namun juga menguji penguasaan teknik produksi berita televisi dan teknologi sesuai bidangnya masing-masing.

Para penguji berasal dari IJTI Pusat, seperti Imam Wahyudi yang pernah menjabat Ketua Umum IJTI Pusat dan anggota Dewan Pers. Serta para penguji lainnya yang sudah lama malang melintang di televisi nasional.

Imam Wahyudi menjelaskan UKJ ini untuk memfilter antara jurnalis yang profesional dengan jurnalis yang tidak profesional.

Acara UKJTV itu dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pemprov Jateng Agung Kristianto.

Agung berharap agar profesionalisme jurnalis dapat menghasilkan karya jurnalistik yang lebih berkualitas.