IMM Cabang Kudus Galang Dana Bencana

0
114

PWMJATENG.COM, KUDUS – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Kudus gelar aksi peduli bencana, Sabtu (11/1/20)

Bertempat di Jalan Utama Kota Kudus aktivis IMM menggalang dana dari pengguna jalan. Hal ini sebagai respon bencana di beberapa daerah di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian aktivis IMM kudus untuk kegiatan kemanusiaan.

Kegiatan ini diikuti seluruh komisariat IMM yang ada di kudus, diantaranya Komisariat Ar Rabbani (UMKU), Al Fikr (UMK) AR Rasyid dan Adz dzikr (IAIN Kudus), selain itu juga ada BEM Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) yang ikut menyemarakkan aksi ini. Tercata 80 orang berpartisipasi pada acara ini

Menurut Ketua Cabang IMM kudus, Abdul Ghafur IMM memiliki tanggungjawab moral untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana. ” Agenda ini adalah bagian dari proses mengasah kepekaan atas krisis ekologi yang mempunyai implikasi terhadap kemanusiaan” ujarnya. Selain itu dirinya berharap kader-kader IMM nantinya mampu menjaga alam dan menjalin kemanusiaan.

Kegiatan ini menjadi sarana IMM se-Kudus untuk bersinergi dan memupuk antusiasme untuk membantu sesama. Usaha ini diharapkan bermanfaat bagi korban terdampak bencana.

Sementara itu Anggota Bidang Sosial Cabang IMM Kudus, Harun Al Rasyid menyampaikan bahwa awal terselenggara aksi ini adalah adanya kepekaan dan inisiasi dari kader PC IMM kudus untuk membantu sesama dalam menghadapi bencana banjir dengan cara mengadakan aksi solidaritas galang dana diwilayah kudus.

“Alhamdulillah menadapat disambut baik oleh kawan-kawan komisariat dan juga BEM Universitas Muhammadiyah Kudus,” katanya.

Kegiatan ini merupakan program bidang sosial, karna bisa meningkatkan rasa kemanusiaan kepada setiap aktivis mahasiswa. Peserta yang terlibat disebar di 6 titik yang berbeda yakni simpang 7, perempatan matahari, perempatan pentol, pertigaan dersalam, sekitar gor & balai jagong kudus, dan perempatan jember.

Mereka berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp. 8.000.000,-. Dana ini akan disalurkan ke warga terdampak bencana melalui LAZISMU Kabupaten Kudus.

Peserta aksi, Faiqul Rian mengatakan bahwa aksi galang dana sebetulnya hanyalah sebagian dari aksi kecil yang dapat dilakukan masyarakat. “Membantu meringankan beban sesama, tak melulu soal bencana alam, tapi juga problematika sosial seperti kemiskinan,” jelasnya.

Dirinya menambahka aksi semacam ini terkadang dianggap hanya sebagai unjuk eksistensi padahal ini merupakan upaya membangkitkan semangat menolong dan mengesampingkan sifat egois.

“Sependek apapun uluran tangan kita dalam membantu saudara yang kesusahan memiliki arti yg sangat berharga, dan jangan sampai negatif thinking dan rasa malas menghinggapi kita dalam melakukan kebaikan,” ujarnya. (Kontributor : Alvin Hermawan Faisal)