Hizbul Wathan SDMPU Botok Tampil Beda Atribut Pada Kemah Pramuka

0
1038

PWMJATENG.COM, Karanganyar – Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Unggulan (SDMPU) Botok Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar mengikuti perkemahan yg diselenggarakan oleh Sekolah Dasar se-Kecamatan Kerjo dengan memakai seragam dan atribut Hizbul Wathan Senin (27/03/2017), bertempat di lapangan desa Botok, Kerjo, Karanganyar.

Kegiatan Perkemahan yang dilaksanakn Sekolah Dasar se-Kecamatan Kerjo memberikan Inspirasi dan contoh bagi sekolah/madrasah Muhammadiyah yang lain, karena perkemahan di lakukan secara bergabung antara Gerakan Pramuka dan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan . Hal ini menunjukan bahwa Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dengan Gerakan Kepanduan yang lain bisa bersinergi melalui berkegiatan bersama meskipun memiliki ciri khas sendiri-sendiri dalam Gerakan Kepanduannya.

Menurut Ibunda Triana selaku Pembina Hizbul Wathan di SD MPU Botok, Kerjo, Karanganyar, Perkemahan Gabungan yang diselenggarakan hari itu dari sekolahnya diikuti oleh anak didiknya usia kelas 4, namun dari sekolah dasar laiinnya peserta kemah adalah anak-anak usia 5 dan 6 dari sekolah masing-masing.

Perkemahan Gabungan yang di selenggarakan di lapangan desa botok, kerjo merupakan kegiatan dalam rangka program “Kemah 365 hari “ sebuah program program kegiatan perkemahanan olah kepanduan yang ada di Kabupaten Karanganyar di canangkan Bupati Juliatmono atau Pemerintah Kabupaten Karanganyar selama tahun 2017.

Terkait penampilan peserta kemah dari sekolah-sekolah Muhammadiyah dengan menggunakan atribut Kepanduan Hizbul Wathan merupakan instruksi dari Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karangnyar dalam setiap event kepanduan diharuskan menggunakan seragam (uniform) resmi yang diguankan oleh Hizbul Wathan.

Hal ini selain sebagai sosialisasi keberadaan Kepanduan Hizbul Wathan juga sebagai bentuk rasa cinta kepada organisasi otonom kepanduan resmi milik Muhammadiyah. Bukan untuk memunculkan perbedaan justru memberi warna lain khasanah kepanduan di Republik Indonesia. “Hal ini sudah dibiasakan dalam berbagai event di tiap-tiap tingakatan sekolah-sekolah Muhammadiyah selalu menampilkan Pandu Hizbul Wathan dalam partisipasinya” ungkap ketua PDM beberapa waktu yang lalu. (MPI PDM Kra – JOe)

 

Sumber/gambar : Usama Kwarda HW Karanganyar.