Hatta Rajasa Hargai Sikap Resmi Muhammadiyah yang Menyatakan Ada Jarak Dengan Semua Partai Politik

0
295

JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN), Hatta Rajasa, tetap mengandalkan basis massa Muhammadiyah dan kader-kader berprestasi untuk mendulang suara pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Namun, Hatta tetap menghargai sikap resmi organisasi Muhammadiyah yang menyatakan ada jarak dengan semua partai politik, termasuk PAN.
Menurut Hatta, Muhammadiyah masih memiliki ikatan kultural atau benang merah yang kuat dengan PAN. Karena itu, dia yakin partainya akan dipilih oleh anggota Muhammadiyah. “Faktor utama adalah kesejarahan, karena PAN adalah partai yang lahir dari pilar yang salah satunya adalah Muhammadiyah, selain Majelis Amanat Rakyat (Mara). Itu sebabnya PAN merasa sangat dekat dengan Muhammadiyah, ” ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu menanggapi kedekatan PAN dengan Muhammadiyah.
Hatta juga menuturkan bahwa dari berbagai survei, sebagian besar warga Muhammadiyah menjatuhkan pilihannya kepada PAN. Hatta meminta faktor kesejarahan dan hubungan psikologis antara PAN dan Muhammadiyah diterima semua pihak. “Saya yakin warga Muhammadiyah menjadikan PAN pada urutan pertama sebagai penyalur aspirasi politiknya”, tegas Hatta.
Namun demikian, Hatta yang juga Menko Perekonomian menegaskan bahwa PAN tetap merupakan partai inklusif yang terbuka bagi semua golongan masyarakat. (Fakhrudin/suaramerdeka.com)