Hasan Asy ari Ulamai: Muhammadiyah Butuh Pemimpin SUPER

0
447

KENDAL – Muhammadiyah setiap jenjang kepemimpinannya membutuhkan figur yang SUPER. Demikian dikatakan wakil ketua Pembina LAZISMU PWM Jawa Tengah, Dr. H. A. Hasan Asy ari Ulamai, M. Ag di hadapan ratusan peserta pengajian dalam rangka pembukaan Musycab Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Nasiatul Aisyiyah Brangsong, Kendal di serambi masjid Darul Muttaqin Brangsong, Ahad (7/8/16).
Menurut Hasan kata SUPER kepanjangan dari Sehat, Unggul, Peduli, Elok, dan Rahmat. “Muhammadiyah tidak sekedar dipimpin oleh mereka yang telah memenuhi persyaratan sesuai qoidah organisasi, tetapi pemimpinnya harus sehat fisik dan psikisnya, jasmani dan rohani. Banyak penilaian dari tokoh, ilmuan, dan pengamat, bahwa Muhammadiyah banyak memiliki keunggulan di bidang kesehatan, sosial, dan pendidikan, tetapi keunggulan itu harus kita jaga. Jangan kita rusak keunggulan Muhammadiyah dengan merendahkan, menjelek – jelekkan dan menyalah – nyalahkan kelompok lain, pintanya. Sebaliknya jika terdapat kelompok lain yang lebih unggul Muhammadiyah tidak salah kalau memberi apresiasi, kita tidak boleh berkecil hati dan rendah hati, “ jelasnya sambil menyitir ayat Alquran surat Al Hujurat ayat 11.
Tak hanya itu, menurutnya pemimpin Muhammadiyah juga harus peduli sesama. Kepedulian Muhammadiyah terhadap ummat di bidang kesehatan mendidrikan rumah sakit dan balai pengobatan, peduli pendidikan dengan mendirikan sekolah – sekolah tidak didasari like and dislike, bukan faktor minoritas atau mayoritas, tidak melihat latar belakang suku, agama, golongan, dan status sosial.
“Membantu dan peduli adalah karakter Muhammadiyah,” tegasnya.
Lebih lanjut dosen UIN Semarang itu, mengatakan pemimpin Muhammadiyah harus mampu menunjukkan keelokannya secara ikhlas di hadapan publik maupun antar personal. Pemimpin yang sehat akan melahirkan amaliah, atau amal usaha yang unggul sebagai sarana agar mereka peduli sesama dan baik, elok dalam kehidupan untuk menciptakan rahmatan lil alamien.
Musycab dilaksanakan sehari penuh. Selain menerima dan mengesahkan laporan pertanggung jawaban, Program Kerja, juga memilih calon pimpinan baru, yaitu Drs. H. Sugiri, M.Pd sebagai ketua PCM Brangsong, Ketua PCA Rohimah, S.Kep, dan ketua PC NA Khunafah, S.Pd.
Turut hadir di tengah – tengah jamaah wakil sekretaris PDM Kendal, H. Moh. Antono, SE, Dip.Kmd, Camat Brangsong, Anwar Haryono, S.Sos, Danramil Koramil 012 Brangsong Kapten Khudori, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (A.Ghofur/MPI Kdl)