H. Muslim, Ketua Muhammadiyah Kendal yang Sukses Menggerakkan Kesadaran Berzakat

0
349

KENDAL – Ada yang berbeda ketika H. Muslim, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal, menyampaikan Laporan Perolehan Zakat dari Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kendal. Jumlah Muzakki yang berhasil dihimpun se-Kabupaten Kendal  sebanyak 5.788 orang dengan perolehan dana zakat terkumpul sebesar Rp 2.506.412.801. Dana sebesar itu tentu merupakan pencapaian yang fantastis untuk daerah setingkat Kabupaten Kendal. Dana zakat yang bernilai milyaran rupiah tersebut ditasarrufkan ke berbagai lembaga dan ribuan mustahiq, meliputi Kelompok Dhuafa (fakir, miskin, ghorim, riqob, ibnu sabil), Kelompok Sabilillah (amilin, muallaf, fi-sabilillah), dan berbagai proyek Amal Usaha Persyarikatan.
Sebagian dari dana zakat yang dihimpun itu dibagi ke beberapa pihak, yaitu sebesar Rp. 201.927.609,00 ke Lazis Muhammadiyah Daerah, Rp 60.575.000,00 ke Lazis Muhammadiyah Jawa Tengah, dan sebesar Rp. 40.380.000 ke Lazis Muhammadiyah Pusat yang berkedudukan di Jakarta.
Menurut Mbah Muslim, panggilan akrab beliau, “Umat Islam harus disadarkan dengan pendekatan hati tentang kewajiban berzakat. Terlebih warga Muhammadiyah. Mereka harus sadar bahwa berzsakat itu wajib. Sungguh berdosa bila umat Islam, apalagi yang mampu tidak mau menyerahkan zakat maalnya. Padahal zakat itu menyucikan, dan menyelamatkan jiwa kita. Harta kita jadi barokah, sekaligus berkembang. Karena itu seluruh Pimpinan dan warga Muhammadiyah harus menjadi teladan dengan menjadi muzakki. Siswa, guru, karyawan, dan pengurus Amal Usaha Muhammadiyah juga harus menjadi muzakki.
Beliau menambahkan, “Bahkan dewasa ini, semakin banyak warga Nahdliyin di Kabupaten Kendal yang menyerahkan zakat infak dan sodaqohnya ke Lazis Muhammadiyah Kendal. Sedangkan jumlah mustahik dari kalangan Nahdliyin tidak kurang dari 50.000 orang. Sebagian dari mereka adalah para guru ngaji yang memang perlu mendapat santunan. Bila orang-orang mampu sadar zakat, sungguh kita dapat mengatasi kemiskinan, keterbelakangan, dan berbagai problem keumatan lainnya. Insya Allah!” ujar Mbah Muslim bersemangat.
Perkembangan perolehan dan penyaluran zakat Lazis Muhammadiyah Kabupaten Kendal, yang disertai dengan manajemen zakat yang baik pantas diberi acungan jempol, sebagai cermin lembaga yang sukses mengelola zakat. (Fakhrudin/klikmuhammadiyah.net)