Gibran Kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Ketelan Raih Juara Festival Dalang Cilik Nasional

0
98

PWMJATENG.COM, SOLO – Perasaan bahagia masih menyelimuti hati Gibran Maheswara siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta berhasil menyabet gelar juara ketiga bertajuk Festival Dalang Cilik Nasional 2019 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Selasa hingga Rabu (5-6/11/2019).

Sang ibu, Fitri Handayani mengatakan, Gibran yang baru berusia delapan tahun itu mengungguli peserta lain yang usianya lebih tua dari 11 peserta group A.

“al Hamdulillah, Gibran bawakan lakon Anoman Duto juara 3 tingkat Nasional dari belasan peserta di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, dia mendalang dengan durasi 35 menit,” katanya, Jum’at (8/11/2019).

Kepala Sekolah Hj. Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, mengapresiasi dan menyatakan bangga pada siswanya.

“Harus terus diasah dan dikembangkan bakatnya ananda Gibran, bertepatan tanggal 10 November 2019 pukul 09.00 pagi gibran akan menyapa di layar kaca pemirsa di sebuah TV nasonal,”tuturnya.

Jatmiko, Wakil kepala sekolah bidang Humas yang berlokasi di Jl. Kartini No. 1 Ketelan Banjarsari ini mengatakan, dalang cilik jaminan kelestarian pedalangan.

“Di era industri 4.0 menuju era 5.0, mari beruapaya bersama-sama mempelajari karakter tokoh-tokoh wayang, semoga menjadi cermin kehidupan sehari-hari yang muaranya memperteguh 5 karakter utama baik sisi religius, nasionalisme, gotong-royong, integritas, dan mnadiri,” ungkapnya.

Tidak hanya terampil dalam mendalang, anak itu juga mahir memainkan kendang. Jatmiko mengatakan, Gibran punya pengalaman pentas 99 kali.

“Putra Agus Setyawan SST, Antara lain menjadi bintang tamu di acara Litle VIP Metro TV bersama Cak Lontong, Bintang tamu di acara Rumah Mama Amy MNCTV bersama Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Karnaval Inbox SCTV di Karanganyar bersama artis Narji, Bianka, Temu Dalang bocah 6 di TBS Surakarta 2015,” ujarnya.

Ditambahkann Jatmiko, Gribran juga pernah menjadi Temu Dalang Bocah 7 di TBS Surakarta 2017, Dalang berbakat pada Festival Dalang Cilik Karanganyar 2015, Juara Harapan II Festival Dalang Cilik Surakarta 2018, Bintang tamu di Lomba Dalang Remaja Jawa Timur di TBS Surabaya 2016, Hari Wayang Dunia di ISI Surakarta 2015, Hari Tani Dunia di Karanganyar 2016, HUT DPRD Karanganyar 2016, Liputan Indonesia Bagus di NET TV, Bintang tamu acara Prestasi MTA TV, tampil di Lomba Budaya Mutu Seni Wayang Kolaborasi (Tetuka Sang Gatot Kaca) dan Tari Amurwa, dan di ajang Gebyar Hari Wayang Dunia 2018, Rabu (7/11/2018).

Yang terbaru ikut menghibur kegiatan Jateng Bermunajat, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nasir, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Prof. Dr. H. Baedhowie, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jateng Tafsir, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, dan Pelaksana Harian Sekda Jateng Heru Setiadi, dan peringatan hari Wayang atas undangan Direktorat Kesenian Kemendikbud RI, dihadiri oleh Dr. Restu Gunawan, M Hum, Kepala Subdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi, Direktur Kesenian Kemendikbud, Kuat Prihatin. (Jatmiko)