Dukung UNBK Mandiri, Muhammadiyah Karanganyar Berikan Bantuan Komputer dan Beasiswa Mentari Lazismu

0
30

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Semboyan “Persyarikatan Maju Bersama AUM dan AUM Maju Bersama AUM yang lain” bukan sekedar isapan jempol semata bagi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar. Bertempat disalah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) SMP Muhamamdiyah 6 Karanganyar di Kecamatan Jenawi, Jum’at (29/11) diadakan penyerahan bantuan Komputer dan Beasiswa Mandiri.

Sinergi untuk maju dan berkembang bersama di lingkungan Muhammadiyah Karanganyar selain pemberian bantuan sarana operasional dan beasiswa juga melalui program “Bapak Asuh” sebuah program pendampingan oleh sekolah atau AUM yang lebih besar kepada sekolah atau AUM yang masih membutuhkan dukungan dari persyarikatan atau AUM yang lain. Harapannya semua Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Karanganyar bisa berkembang maju bersama.

Teerkait bantuan komputer dan beasiswa menurut Sekretaris PDM Kabupaten Karanganyar Sarilan M. Ali merupakan bantuan dari AUM besar di Karanganyar untuk mensukseskan program UNBK Mandiri dan membantu siswa yang kurang mampu di SMP Muhammadiyah 6 dan SD Muhammadiyah Darul Falah di PCM Jenawi. “Ada enam unit komputer dan bantuan tunai Bea Siswa Mentari sepuluh juta rupiah yang disalurkan melalui Lazismu. Unit komputer ini sebagai tambahan dari perangkat yang sudah ada di sekolah, sebab memperhatikan letak geografis sekolah sangat berat bagi siswa kelas XI jika harus bergabung dengan sekolah lain dalam proses UNBK”.

Ketua PDM Kabupaten Karanganyar Muh. Samsuri dalam sambutan pengarahan penyerahan bantuan sekaligus kantoran rutin yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 yang berada di Kecamatan Jenawi mendorong semangat belajar dan dakwah di daerah lereng Gunung Lawu tersebut.

“Acara kantoran yang dilkasanakan di pinggiran wilayah Kabupaten Karanganyar, di lereng gunung yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur ini selain untuk silaturahmi juga untuk saling memotivasi dalam gerakan dakwah. Dalam sejarahnya SMP Muhammadiyah 6 di Jenawi yang bangunannya cukup bagus untuk kelasnya ini didirikan sekitar tahun 1985, bahkan ketika itu pemerintah belum menyediakan fasilitas sekolah lanjutan pertama tetapi Muhamamdiyah bersama masyarakat telah mempunyai sekolah ini” kata doktor ilmu hukum ini.

Muh Samsuri juga meminta kepada penyelenggara pendidikan di SMP Muhammadiyah 6 dengan PCM Jenawi serta tokoh masyarakat setempat untuk memotivasi dan mendorong anak-anak disekitar semangat melanjutkan pendidikan lebih tinggi. “Motivasi anak-anak dan orang tuanya ketika siswa disini sudah luluh untuk terus melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, jangan dipikirkan soal biayanya nanti kita angkat bersama-sama. Banyak sekolah-sekolah Muhammadiyah di Karanganyar yang siap menampung.”

Sementara itu ketua PCM Jenawi Subandi HR., mewakili warga dan Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Jenawi menyampaikan ucapan terim kasih atas dukungan dari PDM Kabupaten Karanganyar. “Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dari PDM dan AUM yang ada di daerah, di PCM Jenawi saat ini ada dua amal usaha yaitu SMP Muhammadiyah 6 dan SD Muhammadiyah Darul Falah. Alhamdulillah kepercayaan masyarakat cukup baik, selain amal usaha yang ada juga kelompok-kelompok kajian Muhammadiyah dan Aisyiyah berjalan dengan baik dimana masing-masing kelompok memiliki jama’ah lebih dari seratusan orang” kata Subandi. (MPI PDM Kra-JOe).