Dua Hari Dibuka MCCC Kabupaten Karanganyar Terima Order Disifektanisasi di 97 Lokasi

0
224

pwmjateng.com, KARANGANYAR – Penyebaran virus Corona atau yang disebut Covid-19 sebuah virus yang menyerang organ pernafasan penderitanya telah menjadi bencana nasional. Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah membentuk sebuah tim yang membantu pemerintah dan masyarakat guna menaggulangi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Tim yang diberi nama Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) ini pun telah dibentuk pula di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar, Sabtu (21/03).

“Sampai hari ini sudah masuk permintaan penyemprotan disifektan di sejumlah 97 lokasi masjid dan fasilitas lain se-Kabupaten Karanganyar” kata Qoirul Hudalil Mustaqim sekretaris MCCC Kab. Karanganyar.

Setelah dibentuk dengan surat tugas dari PDM, Tim MCCC Kabupaten Karanganyar langsung bergerak cepat. Dipimpin Ngadiman seorang relawan MDMC/ LPB senior di PDM Karanganyar tim menyusun rencana karja, pembagian tugas, penyiapan posko dan pengadaan bahan material penunjang operasional.

“Untuk kegiatan dari tim selain terkoordinasi dengan PDM dan MCC Wilayah Jawa Tengah kita lebih focus pada gerakan edukatif dan prefentif” kata Ngadiman.

Menurutnya saat ini telah siap layanan prefentif berupa kegiatan disifektanisasi atau penyemprotan cairan disifektan ke masjid, sekolah dan fasilitas-fasilitas umum. Untuk giat edukatif tim membuat materi-materi informasi pengenal tentang virus, penyebaran dan antisipasinya melalui media sosial dan pemasangan leaflet-leaflet sticker.

Pantauan sampai hari ini dari 97 lokasi permintaan disifektanisasi telah terselesaikan sejumlah 40 lokasi, hal ini disebabkan adanya kendala pengadaan alat dan bahan kebutuhan yang sulit didapatkan dipasaran. Bahkan senin (23/03) tim tidak bisa melakukan penyemprotan karena kehabisan bahan disifektan.

Menurut Direktur Lazismu PDM Karanganyar Ahmad Zaki Mustofa seluruh biaya pelaksanaan disifektanisasi dan sosialisasi diberikan secara gratis kepada masyarakat. “Ini semua gratis mas, namun kami satu-satunya lembaga ZIS Muhammadiyah juga menerima jika ada warga masyarakat menyalurkan donasinya melalui Lazismu guna mendukung kegiatan ini untuk menanggulangi sebaran virus Corona ini.”

Monggo jika ada warga yang mau menyalurkan donasinya bisa datang langsung ke Kantor Lazismu terdekat atau melalui rekening Donasi 5023063755 Bank Jateng Syariah a.n. LAZISMU PDM Karanganyar. (MPI PDM-Kra JOe: Sumber Humas MCCC Karanganyar)