Dr.H.Anwar Abbas: Warga Muhammadiyah Bisa Memanfaatkan Jalinan Kerjasama Dengan JSM

0
1093

PWMJATENG.COM, TEGAL – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan, Dr.H.Anwar Abbas, MM, M.Ag belum lama ini, Minggu (19/03/17) siang berkunjung ke Kota Tegal, untuk melihat sejauh mana geliat aktivitas ekonomi para usahawan Muhammadiyah, salah satunya yaitu industri permesinan dan pengecoran logam.

Anwar Abbas yang juga mengajar di Uhamka, Jakarta di dampingi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tegal, H.Nadirin Maskha dan PDM Kabupaten Tegal, berangkat dari rumah Nadirin, dengan kendaraan roda empat menyusuri keramaian sepanjang jalan Kota Tegal yang punya predikat sebagai “Jepangnya Indonesia”, karena produk-produk mesinnya.

Tibalah rombongan di Kampung Cempaka, wilayah Kelurahan Mangkukusuman, yakni sebuah areal perkampungan industri permesinan dan pengecoran logam, itu karena banyaknya rumah rumah industi yang berdiri disana. Pas kebanyakan juga pelaku industrinya adalah warga Muhammadiyah yang aktif juga di organisasi

Rombongan masuk ke salah satu pabrik mesin, milik H.Machmudin dan langsung melihat berbagai produk mesin yang sudah jadi maupun yang masih dalam tahap pemrosesan, diantaranya ada produk pintu air, kursi taman, gigi mesin pabrik gula dan berbagai produk mesin lainnya.

Menurut Anwar Abbas, untuk memajukan dan meningkatkan produktivitas pabrik mesin dan pengecoran logam yang ada di Kota Tegal dan sekitarnya. Mereka bisa memanfaatkan jalinan kerjasama dengan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), yang tersebar di Indonesia bahkan manca negara.

“Bisa diajukan proposal lewat Jaringan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan, yang ada di pusat dan wilayah, karena misi kita itu ingin memajukan ekonomi organisasi. Jadi Muhammadiyah itu harus punya pendapatan dan usaha-usaha bisnis”, ujar Anwar Abbas.

Selanjutnya kata dia, yaitu ingin memajukan ekonomi pengurus dan yang ketiga memajukan ekonomi warga. Jadi ukuran keberhasilan Muhammadiyah itu bisa tidak memajukan ekonomi organisasi, bisa tidak memajukan ekonomi pengurus, bisa tidak memajukan ekonomi warga.

“ Kalau bisa pasti sukses. Tapi kalau hanya bisa memajukan ekonomi organisasi, tapi tidak bisa memajukan ekonomi pengurus dan ekonomi warga, itu belum sukses”, Imbuh Anwar Abbas

Sementara itu Nadirin menjelaskan bahwa PDM Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, akan menyelenggarakan deklarasi JSM, tidak lain untuk meningkatkan ekonomi umat, agar bisa lebih mudah punya akses jaringan pemasaran produk melalui Jaringan Saudagar Muhammadiyah.

“Rencananya JSM akan di deklarasikan bersama PDM Kota Tegal dan Kabupaten Tegal pada bulan April mendatang, dengan harapan Warga Muhammadiyah bisa memanfaatkan peluang kerjasama bisnis melalui Jaringan Saudagar Muhammadiyah” tukas Nadirin. (FDH)