Dosen Keperawatan Unimus Unjuk Gigi dan Berprestasi dalam Konferensi Internasional di Malaysia

0
112
Dosen Unimus peserta oral presentasi berfoto bersama panitia

PWMJATENG.COM, SHAH ALAM – Dosen Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) unjuk gigi dan berprestasi dalam “3rd International Conference on Healthcare and Allied Sciences (ICHAS) 2019” di Malaysia. Konferensi internasional yang mengusung tema utama “Healthcare Transformation and New Age Technologies” terselenggara selama dua hari 26-27 September 2019 kolaborasi antara Lincoln University College, Malaysia, dengan Universitas Muhammadiyah Semarang dan Universitas Osmania, India. Sebanyak empat belas (14) dosen keperawatan Unimus mempresentasikan hasil risetnya pada acara yang diikuti 200 peserta dengan berbagai disiplin ilmu seperti nursing, healthcare, public helalth, bilology, microbiology, medicine, bioteknologies dan ilmu lain dari 11 negara tersebut, (03/10).

Dr. Fatkhul Mubin, M.Kep, Sp.Jiwa menjadi pembicara dalam plenary sesion

Disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Keperawatan Unimus Dr. Muhammad Fatkhul Mubin, M.Kep. Sp.Jiwa yang juga ketua delegasi, bahwa artikel yang dipresentasikan dosen keperawatan Unimus nantinya akan di publikasikan dalam publikasi internasional terindex Scopus dan publikasi dalam jurnal intenasional.  Dr. Muhammad Fatkhul Mubin, M.Kep. Sp.Jiwa juga ditunjuk sebagai invited speaker yang berbicara pada plenary sesion. Dr. Fatkhul Mubin, unjuk gigi menjadi pembicara pertama dalam plenary sesion membawakan topik “Effect of family psichoeducation therapy of paranoid schizofrenic (FPE-PS) againts patients quality of life”. Dr. Fatkhul memaparkan temuan penelitiannya bahwa psikoedukasi pada keluarga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien Schizofrenia (gangguan jiwa).

Ns. Dera Alfiyanti, M.Kep dosen keperawatan anak Unimus peraih best presenter

Tak hanya itu, dua orang delegasi  Unimus juga meraih prestasi dalam ajang internasional tersebut. Dua dosen keperawatan Unimus Ns. Dera Alfiyanti, M.Kep dan Ns. Desi Ariyana Rahayu, M.Kep terpilih menjadi best presenter dalam oral presentasi. Ns. Dera Alfiyanti dosen keperawatan anak Unimus terpilih sebagai presenter terbaik setelah mempresentasikan hasil riset berjudul “Effect of Cold Stimulation on Pain, Anxiety, and Behaviour in Children during Venipuncture Procedure”, sementara Ns. Desi Ariyana Rahayu dosen keperawatan jiwa Unimus menjadi best presenter melalui publikasi riset berjudul “Declining Depression, Anxiety and Stress of Cancer Patients Throughout Murottal and Classical Music Therapy”.

Ns. Desi Ariyana Rahayu, M.Kep dosen keperawatan anak Unimus peraih best presenter

“Konferensi internasional ini menjadi upaya Unimus untuk meningkatkan kontrobusi di kancah internasional, juga untuk meningkatkan kualitas publikasi internasional oleh dosen” papar Wakil Rektor II Unimus Dr. Sri Rejeki, M.Kep, Sp.Mat yang hadir dalam perhelatan tersebut mewakili pimpinan Unimus. Ditambahkan oleh Wakil Rektor II bahwa target capaian international concerence adalah untuk meningkatkan capaian publikasi internasional bagi dosen, mahasiswa dan praktisi. “Kolaborasi melalui international concerence tentu akan meningkatkan kualitas pengetahuan dosen, membangun  wawasan dan jejaring scientist global juga untuk desiminasi hasil penelitian sebagai indikator peningkatan kualiatas dosen. Kedepan diharapkan dapat dilaksanakan berbagai kerjasama penelitian dengan peneliti dari berbagai negara” tambah Dr. Sri Rejeki yang juga menjadi salah satu pembicara oral presentasi.

Reportase UPT Humas dan Protokoler Unimus