Din Syamsuddin: UMP Aktif Wujudkan Cita-Cita Indonesia

0
304

Purwokerto – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tidak pernah sepi kedatangan tokoh nasional. Beberapa waktu yang lalu, Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Prof. Dr. KH. Din Syamsudin MA hadir dalam acara Silaturahmi Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Silatnas BEM PTM) se-Indonesia. Presiden BEM UMP, Lukman Hakim mengatakan hal tersebut merupakan kehormatan bagi UMP berhasil menjadi tuan rumah silatnas 2014 dan mendatangkan tokoh nasional. Acara yang dihadiri perwakilan BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dari Aceh hingga Papua tersebut digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP.
Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, mengharapkan peran penting Muhammadiyah sesuai tema Menata Masa Depan Indonesia, Mewujudkan Cita-cita Kemerdekaan Indonesia akan benar-benar terwujud.
Eksistensi UMP mendapatkan pujian dari Din Syamsudin. Menurutnya, UMP dari waktu ke waktu semakin mengukuhkan diri sebagai universitas yang terkemuka bukan hanya di kalangan Muhammadiyah tetapi juga Indonesia. Din menegaskan bahwa Silatnas tersebut memiliki makna strategis. “BEM PTM se Indonesia harus kompak dan bersatu, cerdas dan cermat membaca perkembangan dinamika Indonesia,“ ujar Din.
Din menambahkan bahwa UMP sebagai bagian dari Muhamamdiyah harus berperan aktif mewujudkan cita-cita Indonesia. “Dulu kita meluruskan kiblat salat, nah sekarang kita harus meluruskan kiblat bangsa Indonesia, “ papar Din.
Sementara itu, Prabowo Subianto mengingatkan mahasiswa agar tetap menjaga cita-cita Indonesia seperti yang telah dilakukan oleh pejuang kemerdekaan di masa lalu. “Saya merinding jika mengingat Sudirman. Beliau panglima tentara Indonesia pertama. Kita patut meneladani kepemimpinannya,“ kisahnya.
Prabowo ingin agar mahasiswa tetap menjaga idealisnya. “Anda jangan rusak jika sudah dewasa. Negara ini milik kalian. Kita yang tua ingin meninggalkan panggung asalkan diganti oleh generasi muda yang lebih baik dan sesuai cita-cita bangsa Indonesia,“ paparnya. Prabowo juga meyakinkan jika anak muda hatinya tidak risau , diam melihat ketidakadilan, acuh tak acuh melihat kondisi yang ada, maka negara ini tidak ada harapan. (Pra/Fakhrudin/radarbanyumas.co.id)