Di Pengajian Tarjih PDM Klaten, Ustad Sholahudin Ajak Jadi Muslim Kaffah

0
813

PWMJATENG.COM, KLATEN – Setelah libur beberapa bulan, kali ini Majelis Tarjih dan Tajdid  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten menggelar  kembali pengajian tarjih, Jumat (11/8), dengan menghadirkan dua pemateri yakni Ustad Sholahudin Sirizar wakil ketua Majelis Tarjih dan tajdid  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah dan Subiyanto PDM Klaten.

Materi yang dibawakan dalam kesempatan tarjih kali ini  menjadi muslim yang kaffah, sebagaimana yang disampaikan oleh ustad Sholahudin bahwa Allah telah memerintahkan kepada setiap orang yang beriman untuk menjadi muslim yang kaffah sebagaimana tersirat dalam Quran  :

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu” (QS Al Baqarah : 208)

Kaffah dalam kitab Ibnu Katsir dimaknai semua, dalam ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa menjadi seorang muslim itu tidak boleh setengah setengah atau tebang pilih, yang sesuai dengan hawa nafsunya diabil, dan yang tidak sesuai dengan kepentingannya lalntas dibuang.

 Penghalang enjadi muslim kaffah terbesar adalah syetan sebagaimana firman Allah dalam QS Al Kahfi ayat 50:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim”.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap dua Jumat sekali tersebut berlangsung di lapangan Desa Talang, Kecamatan Bayat, Klaten. Tampak hadir Muspika Bayat dan ribuan warga Muhammadiyah dari berbagai wilayah di Klaten . (sumber: SieradMu.com/mpi klaten)