Daurah Tahfidz Virtual SMP Muhammadiyah 1 SKA Sarana Menumbuhkan Cinta Alqur’an

0
54

PWMJATENG.COM, SURAKARTA – Pandemi tidak menjadi penghalang SMP Muhammadiyah 1 SKA untuk tetap menyelenggarakan Daurah Tahfidz. Biasanya Daurah tahfidz ini diadakan di MBS (Muhammadiyah Boarding School) Hamka SMP Muhammadiyah 1 Surakarta selama tiga hari dua malam. Namun, karena tatap muka belum diperbolehkan maka Daurah Tahfidz ini diadakan secara Virtual. Program ini diikuti oleh Siswa Siswi Program Khusus.

Dimulai dari kelas 7 PK1 dan akan terus berlanjut hingga kelas 9PK2. Daurah Tahfidz ini diadakan pada akhir pekan dan dibagi Angkatannya. Daurah Tahfidz ini diadakan beberapa angkatan, agar pantauan siswa dapat lebih fokus dan terarah. Angkatan pertama dimulai pada 8 Agustus 2020 pukul 8 pagi.

Diawali dengan pembukaan acara melalui aplikasi Zoom Meeting. Pada acara pembukaan, Bapak Ahmad Sukidi, S.Ag. M.Pd. selaku Kepala Sekolah mengharapkan siswa-siswi yang mengikuti Daurah Tahfidz ini akan lebih cinta dan senang menghafalkan Al Qur’an. Karena Al Qur’an yang akan memberi syafaat di akhirat nanti.

Tentunya rasa Ikhlas dan mengharap Ridho Alloh SWT harus menjadi dasar setiap siswa dalam menghafal. Setelah Pembukaan pembelajaran dilakukan melalui Whatsup Grup dan Zoom Meeting dengan dibimbing langsung oleh pengajar Tahfidz Program Khusus Ustadz Saiev Dzaki El Kemal, S.H dan Ustadz Dwi Nur Arif Alumni Pondok Pesantran Isy Karima yang telah hafal 30 Juz. Para pengajar senantiasa mengingatkan para siswa Program Khusus untuk menikmati proses menghafal ini, karena disetiap proses itu tidak akan sia-sia dan akan mengalir pahala dari Alloh SWT.

Dauroh Tahfidz ini ditutup pada 09 Agustus 2020 pukul 20.00 melalui Aplikasi Zoom Meeting. Acara penutupan ini disimak pula oleh orang tua siswa Program Khusus. Diawali dengan Murojaah para peserta kemudian diakhiri dengan penutupan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Bapak Ahmad Sukidi, S.Ag, M.Pd. Beliau memberi pesan kepada para peserta Dauroh Tahfidz untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan hafalannya, tentunya dukungan dari orang tua wali siswa turut menjadi faktor penting keberhasilan siswa menghafal. (*)