Capai Lulusan yang Kompetitif, SMK Muhammadiyah 1 Semarang Adakan Ujian Praktik

0
379

PWMJATENG.COM, Semarang – SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengadakan ujian praktik sekolah untuk menambah life skill siswa yang berlangsung dari tanggal 16-23 April 2018. Harapannya, setelah lulus sekolah dapat terserap di dunia kerja atau industri dan memiliki ketrampilan yang baik.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Nur Indah Yuniati mengatakan, ujian praktik sekolah terbagi menjadi dua bidang yaitu Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Mata Pelajaran.

Guru SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Ust Furqon, sedang menilai ujian praktik Tabligh pelajaran agama Islam. (meirza Musaqqif Ichsan)

“UKK ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana keterserapan materi belajar yang berbasis kompetensi. Ini yang harus dicapai peserta didik,” kata Indah, Jum’at (20/04/2018).

Sehingga, lanjut dia, ketika lulus sekolah dapat teruji di dunia kerja atau industri dengan menunjukkan bukti ketrampilan yang dimiliki. Serta, sertifikat kompetensi yang diperoleh.

“Harapannya lulusan SMK dapat mudah terserap di dunia kerja atau industri,” ujarnya.

Kemudian, ujian praktik mata pelajaran ditujukan untuk menambah life skill siswa. Bila dari sisi spiritual dengan mata pelajaran pendidikan agama islam dan ujian praktik motorik melalui mata pelajaran seni budaya, olah raga, dan kewirausahaan.

“Dua bidang mata uji ini diharapkan ketika lulus sekolah dapat berimbang antara kemampuan akademik, mental, dan spiritual. Sehingga masyarakat mempercayai sepenuhnya lulusan dari SMK Muhammadiyah 1 Semarang yang memiliki competitive advantage,” imbuhnya. (*)