Butuh Tambahan Ruang, RS Roemani Gusur Kantor Muhammadiyah Kota Semarang

0
361

SEMARANG – Seiring berkembangnya Rumah Sakit (RS) Roemani Muhammadiyah Semarang sebagai rumah sakit kepercayaan masyarakat Kota Semarang, sehingga pasiennya membludak, Direksi RS Roemani dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang sepakat untuk merenovasi Gedung Muhammadiyah Kota Semarang dan akan digunakan sebagai tambahan ruangan pelayanan kesehatan oleh RS Roemani. Sedangkan Kantor PDM dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Semarang beserta majelis dan lembaganya akan pindah di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM), Jl. Giri Mukti Selatan II/19 Graha Mukti, Tlogosari, Semarang.
Direktur RS Roemani Muhammadiyah Semarang, Thamrin Hadna, ketika diwawancarai disela-sela pengajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, menjelaskan bahwa gedung Muhammadiyah Kota Semarang tersebut sampai saat ini sedang dalam tahap negosiasi dengan pihak kontraktor. Rencananya gedung tiga lantai tersebut akan digunakan untuk pengembangan RS Roemani dan penambahan ruang pelayanan medis, terutama ruang rawat inap dan pelayanan. “Saat ini saja sudah kekurangan, jadi butuh tambahan ruang untuk pengembangan”, tutur Thamrin.
Kepada wartawan website Muhammadiyah Jawa Tengah, Thamrin juga memaparkan rencana penggunaan gedung Muhammadiyah tersebut. Lantai satu akan digunakan untuk ruangan Hemodialisasi (cuci darah), dengan pengadaan mesin bertahap mulai dari delapan mesin hingga menjadi 20 mesin dan kedepan akan dijadikan sebagai pusat pelatihan perawat Hemodialisasi. Lantai dua akan dibuat sebagai klinik, ruang penanganan komprehensif, yaitu penanganan bersama-sama dari semua disiplin ilmu, serta ruang Digestif Centre (perut). Lantai tiga untuk perkantoran direksi yang tidak terkait dengan pelayanan, serta aula. Sedangkan lantai empat, atau atap gedung akan didesain sebagai billing garden atau taman penyembuhan bagi para pasien agar dapat mendapatkan penyegaran dan penyembuhan di taman yang akan dibuat di atas gedung. (Fakhrudin)