BNN Gandeng PDM Kendal dalam Pemberantasan Narkoba

0
490

KENDAL – Untuk melaksanakan tugas pencegahan dan pemberantasan narkoba di wilayah kabupaten Kendal kami memerlukan kerja sama, bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk persyarikatan Muhammadiyah. Demikian dikatakan kepala Divisi Pencegahan (KASICEGAH) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Kendal, Sapto Nugroho, SH ketika bersilaturrahim dengan jajaran anggota PDM Kendal di ruang rapat Jumat sore (5/8/2016).
Menurut Sapto, sosialisasi bahaya narkoba selalu kami sampaikan melalui kelompok, organisasi maupun lembaga – lembaga kemasyarakatan yang ada, termasuk Muhammadiyah. Beliau berharap, sebagai organisasi yang memiliki banyak amal usaha di bidang pendidikan, sosial, dan kesehatan mampu mencegah masuknya bahaya narkoba. Ditambahkan, pencegahan juga bisa dilakukan melalui ceramah pengajian, pertemuan rutin dan sillaturrahim,” Sampaikan pesan – pesan bahaya narkoba ketika khutbah Jum’ah, khutbah, Idul fitri, Idul Adha atau khutbah nikah “ pintanya.
Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Seksi Pemberantasan BNNK Kendal, Kompol Crubus. Menurut beliau tahapan tentang bahaya narkoba perlu diketahui , ada tiga tahap tentang bahaya narkoba bagi masyarakat luas, pertama sosialisasi di berbagai elemen masyarakat, keluarga, dan pribadi, kedua tahapan aksi pencegahan dan pemberantasan, tahapap ketiga follow up ketika ada korban atau mempertahankan pencegahan, jelasnya.
Berdasarkan pantauan BNNK Kendal terdapat 6 (enam) kecamatan yang sering digunakan untuk transaksi narkoba, yaitu Kecamatan Kaliwungu, Boja, Kota Kendal, Pegandon, dan Weleri.
Sedangkan menurut jajaran PDM Kendal narkoba diketahui masih terbatas pada sebuah larangan karena berbahaya bagi pengguna Kami belum mengetahui lebih jauh tentang narkoba, yang kami ketahui melalui media massa, baik baca Koran maupun elektronik, kata wakil ketua, Drs. H.Abdullah Sachur, M.Pd di sela – sela sillaturrahum tersebut. Kami belum tahu betul dan melihat langsung jenis – jenis narkoba secara langsung, akunya didampingi sejumlah anggota pimpinan. Pada pronsipnya kami mendukung program BNN dalam rangka menciptakan Kendal bebas narkoba, kata sekretaris PDM Kendal, H.Yusuf Darmawan, M.Pd, Dip.Kmd. (A.Ghofur/MPI Kdl)