BMT Ahmad Dahlan Adakan Seminar Edukasi Syariah

0
581

PWMJATENG.COM, KLATEN – Puluhan peserta  dari  organisasi otonom   dan amal usaha Muhammadiyah mengikuti seminar edukasi syariah yang diselenggarakan  BMT Ahmad Dahlan di gedung dakwah Muhammadiyah Klaten.

Anggota Dewan Pengawas Syariah Nasional Thoifuri yang hadir sebagai nara sumber  dalam seminar tersebut  menyampaikan tentang perkembangan koperasi syariah secara nasional maupun dilingkup Klaten.  Menurutnya  perkembangan Koperasi syariah atau BMT yang dikelola secara nasional masih kalah dengan sitem konfensional. Halk tersebut dikarenakan pemahaman yang minim tentang konsep pelayanan syariah dari ummat islam sendiri.

“Islam merupakan agama mayoritas penduduk Indonesia , hanya saja  sebagian  mereka masih menganggap bahwa sistem syariah dan konfensional  adalah sama sama mencari keuntungan”, katanya, Jumat (16/12/2016).

Dijelaskan sistem syariah jelas berbeda dengan konfensional karena dalam system ini tidak hanya mencari keuntungan semata. Karena sadaran ummat islam dalam menggunakan layanan koperasi syariah masih rendah, diimbangi kesalahan dalam pengelolaan banyak BMT yang bangkrut (gulung tikar).

“ Di Klaten saja dari ratusan koperasi syariah  sepuluh persen diantaranya dinayatakan gulung tikar”, jelasnya.

Sementara itu Manajer BMT Ahmad Dahlan yang juga Wakil Ketua PDM Klaten Ruswanto mengatakan  dengan seminar ini diharapkan dapat membangun kekuatan ekonomi ummat islam di Klaten melaluinjaringan koperasi syariah (BMT). (*)