Bermodal Semangat Usaha, PCPM Margasari Menghasil Keuntungan Puluhan Juta Rupiah

0
702

PWMJATENG.COM, TEGAL – Penggerakan perekonomian dikalangan pemuda Muhammadiyah Margasari berawal dari gagasan ide diawali dengan bermusyawarah para Pleno Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Margasari Kab Tegal Jawa Tengah. Pada waktu itu melihat wakaf bangunan yang terletak di pinggir jalan raya yang dinilai sangat strategis karena bersebelahan dengan SMP Muhammadiyah Margasari. Maka para pemuda Muhammadiyah Margasari tidak tinggal diam untuk produktifkan bangunan wakaf milik PCM Margasari.

Agar bangunan tesebut dikeleola untuk mendirikan Amal Usaha Pemuda Muhammadiyah. Sempat terkendala karena belum punya modal. Yang akhirnya dengan semangat para penggerak Pemuda Muhammadiyah Margasari diawali dengan saling mengulurkan tangan untuk investasi sebagai gerak awal untuk menghidupi pergerakan Dakwah Pemuda Muhammadiyah.

Dan, Alkhamdulillah ada salah satu pemuda Muhammadiyah Margasari dengan rela meinjamkan Komputernya untuk dijadikan rental pengetikan. Dari penggembangan rental pengetikan tesebut berkembang dan bisa menambah modal untuk mengembangkan usahanya yaitu membeli 3 unitcomputer yang akan di jadikan pusat pelatihan computer . Alkhamdulillah setelah mendapatkan perizinan akhirnya IDEA mengembangkan menjadi pusat pelatihan computer pertama kali di margasari yang memiliki siswa berjumlah 3 siswa.

Kemudian dari ide tesebut muncul sebuah nama Amal Usaha Pemuda Muhammadiyah yang di beri nama IDEA. Menurut Heri Susanto Salah satu pegagas Amal Usaha Pemuda Muhammadiyah Margasari saat di wawancarai redaksi pada 23/3/2017

“ Bidang ekonomi PCPM Margasari periode 2003-2007, yang pada waktu itu di komandani oleh saudara Muhamad Iqbal, punya program kerja salah satunya adalah pemberdayaan ekonomi pemuda, membuka lapangan pekerjaan, dan bimbingan belajar bagi anak-anak SD sampai SMA.Ketika kami melihat bangunan Kantor PCPM Margasari, yang sudah lama tidak ditempati dan hampir roboh karena disana sini sudah banyak yang lapuk. Akhirnya kami Pleno PCPM Margasari menghadap ke PCM Margasari untuk meminta ijin memanfaatkan Kantor PCM untuk kegiatan ekonomi PCPM Margasari. Dan Alhamdulillah setelah di perbolehkan sama PCM, kami bergerak cepat dengan mengumpulkan teman-teman PCPM yang lain untuk membahas kelanjutan program tersebut.ungkapnya.

Dan akhirnya diputuskan kita akan patungan bersama-sama dan juga meminjam dana ke BMT Artha Surya PDM Kab. Tegal sebesar 10 juta rupiah. Akhirnya dengan modal awal sekitar kurang lebih 15 juta, berdirilah unit usaha Pemuda Muhammadiyah Cabang Margasari yaitu berupa Kursus Komputer, Rental Pengetikan, dan Jasa Foto Copi. Dan Alhamdulillah sampai saat ini menghasilkan keuntungan puluhan juta dan bisa memperdayakan para pemuda untuk bekerja di Idea ungkap , Cahyono selaku Ketua PCPM Margasari (Hendra Apriyadi)