Begini cara SMK MUHIGO Karanganyar Giatkan Budaya Literasi di Sekolah

0
647

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Budaya literasi bagi siswa sekolah pada era digital menjadi tantangan tersendiri, dijaman yang serba modern dan instan ini telah mempengaruhi juga kebiasaan siswa dalam kebiasaan membaca dan menunlis, karena sesungguhnya literasi tidak sekedar membaca tetapi juga harus bisa menulis menuangkan ide-ide yang ada di otak masing-masing. SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo (MUHIGO) bekerja sama dengan surat kabar harian terkemuka di Surakarta Solopos mengadakan adakan kegiatan “Ayo Membaca”, Sabtu (15/04/2017).

Kegiatan untuk seluruh siswa kelas X dan XI serta guru SMK MUHIGO ini diselenggarakan  di halaman SMK ini melibatkan dan mengajak warga sekolah untuk lebih giat dalam budaya membaca yang tentunya tidak sekedar surat kabar, namun segala hal yang bisa menambah khasanah pengetahuan terkait ilmu-ilmu yang lainya.

Kepala SMK MUHIGO, Agus M Fauzi, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan harapan agar siswa dan guru giat dan terbiasa membaca sebab pengalaman banyak didapat melalui membaca, bahkan tanpa membaca hidup menjadi hampa. Pada kegiatan ini, siswa dan guru diarahkan untuk membaca koran yang telah dibagikan kemudian beberapa siswa maju untuk menceritakan atau menyampaikan kembali informasi yang sudah dibaca.

Pada kegiatan “Ayo Membaca” ini siswa SMK MUHIGO  juga mendapatkan pelatihan jurnalistik sederhana tentang bagaimana menulis berita dari jurnalis Solo Pos. Selain itu siswa memperoleh bekal untuk memilah dan berhati-hati dalam memposting atau upload berita atau informasi terutama berita berbentuk elektronik melalui media-media online.

Rangkaian acara “Ayo Membaca” ditutup dengan aksi tapak suci SMK Muhigo. (Mekar)