Bantu Atasi Kekeringan, Lazismu Kendal Kucurkan 28 Ribu Liter Air Bersih ke Desa Bringinsari

0
116
AIR BERSIH. Bantuan air bersih dari Lazismu Daerah Kendal untuk warga dukuh Sumilir desa Bringinsari, Sukorejo (foto dok agus)

PWMJATENG.COM, KENDAL – Sampai bulan Oktober ini wilayah Indonesia masih mengalami curah hujan katagori rendah. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu fenomena El Nino, kuatnya Muson Australia, dan anomali peningkatan suhu udara akibat perubahan iklim.

Dalam menghadapi bencana kekeringan di daerah, khususnya di Kab.Kendal, Lazismu Daerah Kendal telah menyalurkan bantuan sebanyak 4 tangki air bersih dengan jumlah 28.000 liter di desa yang dilanda kekeringan, yaitu Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, pada Jum’at (11/10/2019).

Kepala kantor Lazismu Daerah Kendal, Hary Sofyan Saputra mengatakan, sampai saat ini masih banyak warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

“Lazismu Kendal telah menyalurkan air bersih layak minum di desa Bringinsari khususnya di RT 4,2,3, dan 1” kata Hary didampingi Kepala Kantor Layanan Sukorejo, Iwan Mintarsa.

Dikatakannya, air bersih di musin kemarau panjang tahun ini bernilai penting bagi warga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, khususnya untuk air minum.
“Lazismu berharap dengan air bersih ini, bisa meringankan dan memberi manfaat banyak kepada warga” ujarnya.

Sementara itu ketua PRM Bringinsari, Ngasari mengatakan, warga dukuh Sumilir dalam beberapa bulan ini mengalami kesulitan memperoleh air. “Kami sampai pergi jauh untuk mendapatkan air bersih” katanya.

Sebelum mendapat bantuan air dari Lazismu, Ngasari berusaha untuk mencoba menghubungi berbagai pihak agar warganya memperoleh air bersih. “Kami merasa prihatin dengan kekurangan air bersih ini, tapi alhamdulillah Lazismu daerah tanggap terhadap kesulitan warga Bringinsari, dan hari ini air bersih mengalir deras dari selang tangki mobil” ucapnya dengan senyum.

Kegembiraan juga terlihat dari Mariyatun (54) wara RT 04 yang tengah antri mendapatkan air bersih. “Alhamdulillah mas, kami terbantu. Paling tidak tujuh hari ke depan kami sudah punya air bersih untuk memasak” ujarnya dengan senang.

Dengan adanya bantuan air bersih dari Lazismu warga jelas terbantu, meskipun sifatnya sementara. “Kami berdo’a dan berharap Allah memberi hujan, sehingga warga tidak kesulitan lagi mendapatkan air” kata Mariyatun.

Pendistribusian air bersih oleh Lazismu Daerah Kendal kepada warga di desa Bringinsari dibantu oleh siswa-siswi MTs dan MA Muhammadiyah 1 Weleri yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah. (Fur/MPI Kendal)