Bangkitkan Budaya Membaca, SD Muhammadiyah Plus Gelar Program Literasi

0
792
Tim Creatif IAIN Salatiga saat mendongeng di perpustakaan SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga

PWMJATENG.COM, SALATIGA-SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga bekerjasama dengan Tim kreatif perpustakaan IAIN Salatiga memberikan penguatan untuk cinta dan budaya membaca pada siswa-siswi SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan budaya membaca di lingkungan SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga.

Selain itu, inovasi program literasi ini sebagai bentuk rasa cinta, peduli dan tanggung jawab akan Bahasa Indonesia, budaya daerah, dan budaya literasi di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga.

Sudah sejak  dua pekan terakhir ini tim kreatif IAIN Salatiga mendongeng di Perpustakaan SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Kegiatan yang dilaksanakan setiap selesai kegiatan Morning Activitytersebut terbukti ampuh untuk mendongkrak minat baca siswa-siswi. Tak hanya itu dengan program mendongeng ini juga digunakan untuk menanamkan nilai-nilai sosial tanpa menyuruh atau menggurui. Boneka yang dijadikan tokoh utama dalam setiap dongeng dapat membawa anak lebih memperhatikan.

Sutomo, kepala sekolah mengatakan, “Kami mengadakan kerjasama dengan tim kreatif dari IAIN Salatiga untuk mendukung kegiatan literasi yang ada di sekolah kami. Alhamdulillah setelah 2 minggu berjalan budaya baca mulai tertanam pada siswa-siswi,” ungkap penerima Satya Lencana Pendidikan.

Lebih lanjut sekretaris FGM Jawa Tengah tersebut mengutarakan bahwa di setiap lorong-lorong kelas disediakan rak buku untuk mendekatkan buku pada siswa-siswi. (endra gunawan)