Apa itu Kader  Pemuda Muhammadiyah ?

0
105

(Penjaga, Pencipta, dan Penyempurna)

Joko Triyanto, S.Kom.,M.Pd.I.

( Ketua Umum PC Pemuda Muhammadiyah Boyolali )

Kader adalah nyawa yang paling berharga di dalam Persyarikatan. Apakah kita sudah pantas menjadi kader ? karena tugas kader adalah mengemban  amanah untuk menjaga stabilitas Persyarikatan. Menjaganya agar tetap ada. Tetapi menjaga saja tidak cukup, karena itu akan stagnan. Untuk itu, butuh kader pencipta, yang membuat gagasan, ide, atau kebijakan baru agar Persyarikatan ini semakin progresif. Kader pencipta selalu berfikir kreatif, membuat gebrakan yang inovatif. Sebuah gagasan yang bertumpu pada imajinasi dan mimpi-mimpi. Ia mampu menciptakan sejarah, menginspirasi dan menandai sebuah perubahan dalam generasinya.

Gagasan dan mimpi pun juga tak selalu bersifat momentual. Ada gagasan jangka panjang, apabila tidak dijaga eksistensinya, hanya akan menjad ilusi di masa depan. Maka tak cukup menjadi kader pencipta, tipe kader penjaga pun juga sangat dibutuhkan. Menjaga apa-apa yang pernah dicipta.

Formulasi kader penjaga dan pencipta itulah yang kelak melahirkan kader penyempurna. Kader yang bisa menjaga sekaligus pandai mencipta. Walhasil, kita bukan lagi hanya generasi penerus, bukan pula hanya generasi pengganti, tapi generasi penyempurna.

Pandangan dan Istilah generasi penerus adalah sesuatu yang usang. Apa yang diteruskan kalau zaman berubah, apa yang diteruskan jika kondisi sudah berganti? Kita bukan hanya generasi penerus, bukan pula hanya generasi pengganti. Tapi kita adalah generasi penyempurna. Yang menjaga eksistensi Persyarikatan, mencipta banyak hal demi kemajuan, dan menyempurnakan siklus panjang dakwah ini. Belajar dari keberhasilan sekaligus kegagalan masa lalu dan mentransformasikannya ke masa sekarang. Sekalipun ukuran sempurna itu sendiri menjadi diskusi panjang yang tak pernah usai.

But Just do it, or Nothing! Makes mistakes or Nothing! If you don‘t have a plan, you become part of somebody else‘s plan.

Selamat datang, kader Penyempurna.

Pemuda Muhammadiyah

Kuat Tauhidnya,

Tinggi  Ilmunya

Bnyak amalnya