Angin Puting Beliung Melanda 2 Desa, MDMC Kendal Lakukan Asessment Warga

0
586
Relawan MDMC PDM Kendal ketika melakukan pemotongan beberapa pohon yang berpotensi roboh membahayakan rumah di sekitarnya.

PWMJATENG.COM, KENDAL – Hujan lebat yang disertai angin kencang terjadi di Kota Weleri pada Jum’at (3/2) sekitar pukul 15.00 WIB. Lima belas menit kemudian angin puting beliung datang dan melanda 2 desa, yaitu desa Penaruban dan Sambongsari. Akibat kejadian tersebut beberapa pohon tumbang dan genting rumah warga rusak.

Meski bencana tersebut telah direspon oleh pemerintah Kab. Kendal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar, dan Muspika Weleri dengan melakukan evakuasi pohon tumbang dan pendataan rumah warga yang terkena musibah, namun Muhammadiyah melalui MDMC tidak tinggal diam.

Wakil sekretaris LPB PDM Kendal, Surya Prima yang bergabung dalam tim asessement MDMC mengatakan ada pohon tumbang, banyak rumah dan TK yang rusak “ untuk sementara data yang berhasil dikumpulkan oleh tim asessement MDMC Kendal terdapat 11 rumah mengalami kerusakan cukup berat, 50 rumah rusak ringan, dan 2 bangun gedung TK, yaitu ABA dan TK Pertiwi rusak ringan “ ujarnya. Ditambahkan, selain rumah warga juga beberapa fasititas umum rusak “ fasilitas umum yang rusak akibat putinng beliung kabel listrik utama sektor Weleri mengakibatkan pemadaman lampu, tiang petunjuk arah jalan roboh dan beberapa pepohonan yang berada di taman kota Weleri tumbang” tambah prima.

MDMC Kendal bersama BPBD Kendal, PMI Kendal, Tagana dan Damkar sektor Weleri berbagi tugas, “ Malam ini kita fokus untuk memotong atau mengevakuasi pohon – pohon yang berpotensi roboh, membahayakan rumah di dekatnya, sedangakn besok (Sabtu 4/2) relawan Muhammadiyah Kendal bergabung dengan masyarakat sekitar melaksanakan bersih – bersih dan membantu membetulkan genteng rumah warga “ kata Donny Halim, ketua bidang tanggap darurat MDMC Kendal. Untuk kerja bakti para relawan Muhammadiyah menurutnya dipersiapkan beberapa peralatan yang cukup “ Kami sudah mempersiapkan peralatan yang diperlukan, seperti chainshaw, parang/bendo, tambang/tali, dan mobil pick up “ pungkas Donny (Yaya Kendal)