Aksi Kemanusiaan dan Saber Pulsa SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang di Hari Pahlawan

0
74
Penyerahan makanan kecil kepada anak-anak Panti Puteri Aisyiyah Karanganyar, Senin (11/11)

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Hari pahlwan senantiasa diidentikkan dengan sikap heroik mengangkat senjata melawan penjajah, stigma ini sudah ‘mendarah daging’ bagi masyarakat pada umumnya. Dengan teriakan takbir dan semboyan merdeka atau mati sebagai sebuah ilustrasi kejuangan seorang pahlawan. Namun demikian tidak dengan keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang – Karanganyar dalam memaknai peringatan Hari Pahlawan tahun 2019.

Sisi lain kemanusiaan menjadi lahan ‘sexy’ yang dibidik oleh keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Mojogendang yang dikenal dengan julukan SMP MUPAT JOGED untuk melahirkan pahlawan-pahlawan kemanusian. Senin (11/11) masih dalam rangkaian memperingati hari pahlawan mereka melakukan aksi berbagi bersama Kantor Layanan Lazismu setempat.

Penyerahan paket sembako kepada warga sekitar, Senin (11/11)

Kepala Sekolah SMP MUPAT JOGED Sri Yuniati, menyampaikan jika siswa dan gurunya pada peringatan hari pahlawan melakukan kegiatan sosial kemanusiaan. “Ada pembagian makanan kecil kepada anak-anak panti asuahan di Panti Putera Muhammadiyah dan Panti Puteri Aisyiyah Karanganyar, pembagian sembako kepada keluarga miskin sekitar sekolah dan SABER PULSA (sapu bersih pulung sampah) lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar”. Kata aktivis muhammadiyah yang juga adik kandung Bupati Karanganyar ini.

Yuni (nama panggilan Sri Yuniati, red.) juga menambahkan selain kegiatan sosial kemasyarakatan siswa dan guru SMP MUPAT JOGED juga melakukan aksi penulisan seribu puisi buat pahlawan, untuk mengungkapkan makna kepahlawanan dalam bentuk tulisan.

Menurut Yuni, berbagai kegiataan sosial yang dilakukan pihaknya adalah sebagai bentuk kelanjutan dari perjuangan para pahlawan bangsa yang telah berhasil mendapatkan dan mempertahankan kemerdekaan. “Kita perlu mencetak pahlawan-pahlawan kemanusiaan, filantropis yang akan mewujudakan cita-cita pahlawan yaitu Indonesia yang merdeka, adil dan makmur masyarakatnya. Melalui Lazismu anak-anak dibiasakan menjadi relawan kemanusian berbagai untuk negeri”. Tegas Sri Yuniati.

Dalam kegiatan ini keluarga besar SMP MUPAT JOGED mengusung tema aksi “Sejumput Aksi Untuk Negeri, Dari SMP MUPAT JOGED yang berbudi” sebuah tema sederhana yang bermakna untuk sesama anak negeri. (MPI PDM Kra-JOe).