Akhirussanah dan Khotmil Juz 30 SD Muhammadiyah Kutoarjo Digelar

0
652

PWMJATENG.COM, Purworejo– Merupakan rangkaian kegiatan tahunan, SD Muhammadiyah Kutoarjo selenggarakan Akhirussanah dan Khotmil Juz 30 sekaligus pada akhir pekan (10/6) bertepatan dengan 15 Ramadhan 1438 H. Agenda yang digelar di Gedung Jati Indah Purworejo ini berlangsung dengan sukses dan hikmad. Disampaikan Suprayitno, S.Pd.I. Kepala Sekolah bahwa agendayang dihadiri oleh kurang lebih 500an orang ini dimulai pukul 13.00 Wib hingga 18.00 Wib. “Hal yang menjadi prinsip agenda ini melewati waktu shalat Ashar. Namun, tetap mengedepankan ibadah shalat berjamaah dengan tepat waktu yang mana jarang dilakukan dalam rangkaian acara yang panjang di lain tempat,”ungkapnya.

Akhirussanah tahun ini mewisuda total 66 siswa terdiri dari 35 siswa putri dan 31 siswa putra yang turut disertai kedua orang tua masing-masing siswa. Rangkaian agenda diawali pra acara dengan penampilan Kids Band SD Muhammadiyah Kutoarjo yang dilanjutkan dengan melantunkan Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah Sang Surya. Kemudian, lantunan kalam ilahi sekaligus sebagai prosesi khotmil Juz 30 membahana di seisi gedung. Memasuki waktu ashar agenda di-pending dengan shalat ashar. Pasca ibadah shalat ashar baru prosesi wisuda. Dimeriahkan tampilan persembahan siswa kelas 6 serta diakhiri dengan buka bersama dan jamaah shalat maghrib.

“Wisuda ini sebagai tanda selesainya proses belajar di sekolah dasar selama 6 tahun. Walau berpisah tapi hati tetap bersama karena hakikatnya tak ada mantan siswa dan tak ada mantan guru. Setelah menyelesaikan jenjang sekolah dasar bukan sebuah akhir perjalanan. Namun, justru pintu awal untuk meraih sukses di masa depan. Teruslah berjuang, belajar dan berkarya untuk agama, negara dan bangsa,”pesan Suprayitno, S.Pd.I.

Agenda dihadiri tamu undangan yakni H. Arwan Abdul Majid sesepuh, Drs. H. Pujiono Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo beserta Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Purworejo, H. Moh. Mansur, S.Pd.I. Ketua PCM Kutoarjo beserta Drs. H. Bunadi, MM. Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PCM Kutoarjo,Komite Sekolah, UPT Dikpora Kutoarjo dan tamu undangan lainnya.

“Terima kasih kepada semua pihak dari persyarikatan Muhamadiyah, Jajaran Dinas Pendidikan dan UPT Dikpora Kutoarjo, Ketua Komite, Seluruh guru karyawan, Seluruh Wali Siswa yang selalu mendukung dan mensupport lembaga pendidikan ini. Mohon doanya semoga SD Muhammadiyah Kutoarjo ke depan tetap eksis mampu mencetak generasi yang cerdas dan berakhlaqul karimah, serta Bapak Ibu Guru nya tetap ikhlas dan istiqomah mengemban amanah,”pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya turut disukseskan oleh Tim kreatif dari siswa SD Muhammadiyah Kutoarjo. (AKHMAD MUSDANI)