‘Aisyiyah Tingkatkan Literasi Digital Guru TK ABA Salatiga

0
46

PWMJATENG.COM, SALATIGA – Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Salatiga bekerjasama dengan  Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University mengadakan kegiatan peningkatan literasi digital bagi Guru TK ABA se Kota Salatiga.

Kegiatan yang dilaksanakan di TK ABA 3 Kota Salatiga tersebut dihadiri sebanyak 36 peserta dari seluruh TK ABA di Salatiga. Hadir dalam kegiatan tersebut Aqida Nuril Salma, MA sebagai nara sumber tunggal dan Siti Badriyatul Ahyani, S.Pd selaku Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Salatiga. Dalam sambutannya Bunda Yani menyampaikan pentingnya literasi digital bagi para pendidik di lingkungan pendidikan ‘Aisyiyah.

“Literasi digital akan menjadi sangat penting bagi para pendidik dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana para guru akan menyampaikan informasi apabila yang akan disampaikan belum valid secara literasi. Oleh karena itu kami bekerjasama dengan  Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University yang mempunyai program Pengabdian Masyarakat”, ungkap Yani.

Dalam kegiatan tersebut para guru diajak untuk memahami bahwa semua informasi yang diterima melalui sosial media belum tentu benar, maka kita harus memastikan kebenarannya melalui sumber lainnya. Salma selaku pembicara tunggal menyampaikan beberapa kanal yang dapat dijadikan sumber kebenaran informasi, salah satunya lewat website resmi milik Kominfo.

“Tugas guru saat ini bertambah sedikit salah satunya menjadi penyaring informasi. Kenapa, karena di era sekarang ini banyak informasi-informasi yang diragukan kebenarannya. Jadi selain melalui website kominfo tadi Ibu-ibu guru dapat juga mengakses mafindo.or.id sebagai sumber kebenaran informasi,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab seputar literasi digital di sekolah masing-masing. (*)