Aisyiyah Kota Salatiga Gelar Evaluasi Kader Community TB

0
559

SALATIGA – Selasa (9/8/2016) di Hotel Beringin, diadakan Monitoring -Evaluasi for Community TB Cadress SSR Aisyiyah Kota Salatiga. Acara tersebut diikuti 24 kader TB dari 4 kecamatan yang ada di Salatiga.
Kader yang merupakan ujung tombak dari TB Comunity ini di kumpulkan untuk dievaluasi bagaimana mereka membantu masyarakat dalam pengentasan TB di Salatiga. Acara yang diadakan mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB diisi oleh dua pemateri dari Aisyiyah dan DKK Salatiga.
Setidaknya ada enam tugas kader TB ini. Pertama, memberikan penyuluhan TB kepada individu, keluarga, dan kelompok. Kedua, menemukan orang yang diduga TB / tertuga TB sedini mungkin. Ketiga, membawa terduga TB ke fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) pemerintah atau Fasyankes swasata. Keempat, memantau pengobatan pasien TB dan melaukan pendampingan sosial spiritual. Kelima, pembinaan pengawas menelan obat dan yang terakhir adalah melakukan pencatatan dan pelaporan pasien TB.
Ketua Aisyiyah Salatiga menyampaikan, “Kegiatan ini dilakukan untuk memotivasi para kader supaya tetap bersemangat dalam penjaringan suspek TB”, papar Ratna. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Comunity TB yang telah berjalan untuk mewujudkan Salatiga bebas TB.
Sementara itu dr. Tasfiyah Sri P. dari DKK memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Aisyiyah yang menjadi pendamping dalam program ini. “Aisyiyah mampu memberikan kader terbaik dalam program ini, kami bangga dapat mendapingi Aisyiyah dalam mewujudkan Salatiga bebas TB”.
Selama tiga bulan ini kurang lebih sudah ada 83 suspek TB yang didampingi oleh para kader TB di empat kecamatan. Roqifah salah satu kader TB dari Bugel menyampaikan, “Saya bangga menjadi kader TB, karena mendidik saya menjadi orang yang berjiwa sosial dan ikhlas”, ujarnya. (Endra Gunawan MPI Salatiga)