BeritaKabar Daerah

Syiarkan Pemahaman Islam yang ‘Benar’, PCM Bawen Tradisikan Ngaji Tafsir

PWMJATENG.COM, Kabupaten Semarang – Dalam rangka mensyiarkan pemahaman agama Islam yang utuh dan bisa dipertanggungjawabkan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bawen Kabupaten Semarang merintis dan membangun sebuah komunitas pengajian tafsir.

Hal ini didorong oleh keprihatinan karena minimnya komunitas keilmuan di kalangan umat Islam Bawen yang bisa diakses dengan mudah. Selain itu, pengajian ini dimaksudkan untuk memfasilitasi umat Islam di sekitar Bawen dan sekitarnya dalam memahami Al Qur’an dan agama Islam.

Mengapa pilihan jatuh pada pengajian tafsir dan bukan pada fikih, tasawuf, atau tarikh? Muh Rifai, Sekretaris PCM Bawen, menjelaskan bahwa disiplin tafsir mencakup berbagai disiplin ilmu agama Islam, seperti hadis, tarikh, maupun fikih. Oleh karena itu, mempelajari tafsir Al Qur’an berarti juga mempelajari disiplin ilmu keislaman yang lain.

Hal lain yang mendasari pilihan pengajian pada disiplin tafsir adalah makna dari tafsir itu sendiri, yaitu menjelaskan makna, petunjuk, hukum-hukum, dan hikmah-hikmah Al Qur’an. Harapannya, dengan pengajian tafsir Al Qur’an, jamaah dapat melaksanakan hukum, hikmah, dan petunjuk dalam Al Qur’an dengan benar.

Baca juga, Muslim Milenial Tangguh dengan Masjid dan Jamaah

Pengajian tafsir PCM Bawen ini diampu oleh Prof. Dr. Irfan Hilmy, LC, MA, Guru Besar UIN Salatiga, dan Ust. H. Heru Abdurrozaq, Wakil Ketua PCM Bidang Tabligh dan Tarjih, serta beberapa narasumber lain yang kredibel.

Metode yang digunakan dalam pengajian ini adalah metode tafsir tahlily, yaitu menjelaskan ayat per ayat secara urut berdasarkan tema tertentu dalam Al Qur’an. Adapun mufassir yang dijadikan rujukan adalah mufassir salaf (klasik) dan mufassir khalaf (modern) yang termuat dalam kitab-kitab tafsir yang mu’tabar.

Pengajian tafsir ini diselenggarakan di Musholla Al Ikhlas, Ngrawan Lor RT 04/05 belakang Rumah Makan Bintangan. Pengajian ini dilaksanakan satu bulan sekali pada Minggu keempat. Harapannya, kedepannya pengajian dapat dilaksanakan seminggu sekali.

Pengajian yang bertajuk “Ngaji Tafsir” ini sudah berjalan 6 kali diikuti oleh anggota PCM Bawen dan warga sekitar. Pengajian ini terbuka untuk umum. Bagi masyarakat umum yang ingin bergabung atau mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Narahubung Muh. Rifai (08889032208).

Kontributor : Muh Rifai
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.