Srikandi Polda Jateng, Alumni AAK Muhammadiyah Semarang

Srikandi Polda Jateng, Alumni AAK Muhammadiyah Semarang

PWMJATENG.COM, SEMARANG – AKBP Siti Rondhijah,S.Si., M.Kes., adalah seorang Polisi Wanita yang kini menjabat sebagai Wakil Direktur Binmas Polda Jateng. Ia mengawali pengalaman organisasinya yang pertama kali di organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Semarang.

Saat diwawancarai usai acara Talkshow di ruang studio lantai 4 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, wanita kelahiran semarang ini menceritakan pengalamannya ketikan menjadi salah satu pengurus IMM AAK Muhammadiyah Semarang.

” Ketika saya kuliah di AAK Muhammadiyah Semarang, saya pernah menjadi pengurus IMM. Selama saya mengikuti kegiatan di kampus, banyak sekali pengalaman organisasi yang saya dapatkan melalui IMM. Itu adalah pengalaman pertama saya mengetahui miniatur pemilihan DPR, MPR dan pemilihan struktur kepemerintahan lainnya. Dan saya merasakan sendiri bagaimana kita berkampanye, bagaiamana kita memberikan suara, memberikan kontribusi kepada pemilihan pengurus di kampus, dan itu semua saya dapatkan di organisasi Muhammadiyah”.

BACA JUGA  Lantik PR IPM Ahmad Dahlan, Hilal: Kader Muhammadiyah Harus Murah Senyum

Dari pengalaman itulah AKBP Siti Rondhijah menjadi wanita yang memiliki segudang ilmu tentang keorganisasian.

Berawal dari keinginan sang ayah yang ingin  putrinya melanjutkan kuliah di Muhammadiyah,  wanita tangguh dua anak yang juga ingin mebahagiakan kedua orangtuanya ini  akhirnya mengikuti keinginan sang ayah untuk kuliah di AAK Muhammadiyah Semarang. Alhasil sekarang ia menjadi wanita yang sukses, dengan bekal patuh kepada kedua orang tua dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

” Ayah saya tertarik menyekolahkan saya di Muhammadiyah, karena menurut ayah, Muhammadiyah itu kalau soal pendidikan dan kesehatan itu nomor satu”, ujar rondhijah yang merasa bahagia karena kampus pilihan sang ayah telah mengajarkan banyak hal terutama tentang organisasi kemahasiswaan.

BACA JUGA  Sutomo, Kepala SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Terima Satya Lencana Pendidikan

Itulah salah satu alasan sang ayah menyekolahkan polisi wanita yang kini menjabat sebagai Wakil Direktur Binmas Polda Jateng saat ini. Tentu saja semua itu berproses dan melalui perjuangan yang cukup panjang.

Alumni mahasiswa AAK Muhammadiyah angkatan 1996  ini,  mengabdi di kepolisian selama 25 tahum, ia memulai karirnya di kepolisian sejak tahun 1996 hingga sekarang. Ia juga pernah menjabat sebagai  kapolres Kota Tegal selama 1.5 tahun, pada tahun 2018 hingga pertengahan 2020. Kemudian pada tahun 2020 ia diangkat sebagai Wakil Direktur Binmas Polda Jateng hingga sekarang.

AKBP Siti Rondhijah berpesan kepada adik – adik Ipmawan dan Imawati agar senantiasa selalu semangat dalam belajar dan berorganisasi. ” Jangan suka abai dan jangan suka menyepelekan atau menganggap bahwa kuliah hanya sekedar saja. Tetapi kuliah itu adalah kesempatan untuk mendapatkan ilmu yang sesungguhnya.  Kemudian yang terpenting adalah, ketika masa kuliah, jangan sampai melupakan organisasi. Karena dari organisasi itu kita belajar rasa percaya diri, kita belajar berkomunikasi dengan orang banyak termasuk dengan para tokoh. Ketika kita sudah selesai kuliah, jangan patah semangat untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian kita”, pesan rondhijah kepada adi-adik Ipmawan dan Imawati. (it)

BACA JUGA  Ormas Mengajak Masyarakat Untuk Memberantas Penyakit Masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts