Berita

Respons Pernyataan Din Syamsuddin, PP Muhammadiyah: Aspirasi Politik Warga dan Simpatisan Masih Cair

PWMJATENG.COM, Jakarta – Pernyataan mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengenai dukungan warga Muhammadiyah terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pemilu 2024 mendapat respons dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Din Syamsuddin menyebutkan bahwa warga Muhammadiyah akan mendukung pasangan AMIN, namun Abdul Mu’ti menjelaskan bahwa aspirasi politik warga Muhammadiyah masih dalam keadaan yang dinamis.

Abdul Mu’ti secara aktif berinteraksi dengan warga Muhammadiyah di berbagai daerah. Menurutnya, warga Muhammadiyah menghadapi situasi politik dengan bijak dan dewasa.

“Hampir setiap akhir pekan saya ke daerah-daerah bertemu langsung dengan warga Persyarikatan di semua tingkatan dan lapisan. Alhamdulillah, dakwah warga Muhammadiyah semakin berkembang. Di tengah keramaian politik, persatuan warga tidak terganggu. Mereka merespons politik dengan kedewasaan dan biasa-biasa saja,” ungkap Abdul Mu’ti kepada wartawan pada hari Minggu (29/10/2023).

Abdul Mu’ti melihat bahwa sikap politik warga Muhammadiyah belum menunjukkan kecenderungan yang jelas untuk mendukung salah satu pasangan calon secara signifikan. Menurutnya, dukungan warga Muhammadiyah masih dalam tahap pertimbangan.

“Aspirasi politik mereka terhadap calon presiden dan wakil presiden masih dalam tahap pertimbangan,” kata Abdul Mu’ti.

Abdul Mu’ti juga mencatat bahwa setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden memiliki pendukung di kalangan Muhammadiyah saat ini.

Baca juga, Twibbon Milad 111 Tahun Muhammadiyah

Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, juga memberikan tanggapan terkait pernyataan Din Syamsuddin. Anwar menyatakan bahwa Din memiliki pemahaman yang baik tentang karakter warga Muhammadiyah, mengingat pengalamannya sebagai Ketua Umum Muhammadiyah selama dua periode.

Anwar yakin bahwa Din akan bertanggung jawab atas pernyataannya terkait Pemilu 2024. Menurutnya, Din memiliki keyakinan yang kuat dalam pandangannya.

“Bahkan ketika saya lihat video beliau yang menyangkut hal tersebut berkali-kali, kesimpulan saya dari gerak tubuhnya adalah bahwa tingkat keyakinannya sudah di atas dan melampaui tingkat keyakinan biasa. Mayoritas warga Muhammadiyah dalam Pemilu yang akan datang akan memilih AMIN atau Anies-Cak Imin. Bagaimana pandangan pihak lain terhadap kesimpulan Din Syamsuddin ini? Tentu, hal ini bisa memicu perbedaan pendapat, dan menurut saya, itu adalah hal yang sah,” kata Anwar dalam wawancara dengan wartawan pada hari Jumat (27/10/2023).

Anwar menekankan bahwa Din Syamsuddin tidak membuat pernyataan sembarangan. Sebagai seorang akademisi dan seorang Muslim yang baik, Din selalu merujuk pada data dan fakta yang terpercaya dalam menyampaikan pandangan dan sikapnya.

Sebelumnya, Din Syamsuddin menyatakan keyakinannya bahwa warga Muhammadiyah akan mendukung pasangan AMIN. Meskipun Muhammadiyah tidak terafiliasi dengan partai politik, Din meyakini bahwa banyak warga Muhammadiyah yang akan mendukung pasangan tersebut. Pernyataan ini menciptakan diskusi dan perbedaan pandangan dalam masyarakat.

Pernyataan Din Syamsuddin mengenai dukungan warga Muhammadiyah dalam Pemilu 2024 mencerminkan keragaman pandangan dan sikap politik yang ada di dalam organisasi Muhammadiyah, dan ini adalah bagian dari proses demokrasi dalam masyarakat.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.