Kabar DaerahPWA Jateng

Rapat Kerja LPPA Sukoharjo Hasilkan Program Pengembangan Perempuan yang Revolusioner!

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Ahad (26/5) ini tercatat sebagai hari produktif bagi ‘Aisyiyah Sukoharjo. Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) Pimpinan Daerah (PDA) Sukoharjo menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) yang berlangsung di Pesantren Mahasiswa K.H. Mas Mansur, Kampus IV Universitas Muhammadiyah Surakarta. Acara ini dihadiri oleh 36 peserta dari 12 cabang, terdiri dari wakil ketua Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) yang membidangi LPPA, serta ketua dan sekretaris LPPA se-Kabupaten Sukoharjo.

Yeni Oktarina, selaku ketua panitia Raker, mengusung tema “’Aisyiyah Berkhidmat dan Komitmen Memajukan Perempuan Sukoharjo melalui Menulis dan Menyampaikan Informasi Berdasar Fakta/Data”. Menurutnya, tema tersebut menarik karena mengajak warga ‘Aisyiyah untuk tidak menyebarkan berita tidak benar. Izza Mafrurhah, Wakil Ketua PDA, menambahkan bahwa penting bagi ‘Aisyiyah untuk menghindari penyebaran berita hoaks dan selalu memastikan kebenaran informasi yang diterima.

Dalam sambutannya, Izza Mafrurhah mengutip Surat Luqman ayat 27, menekankan betapa luasnya ilmu Allah dan pentingnya kegiatan seperti Raker untuk menggali ilmu tersebut. Ia juga menyoroti pentingnya peran LPPA dalam perkembangan ‘Aisyiyah dan peluang emas yang ditawarkan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai World Class University. Menurutnya, LPPA bisa bekerja sama dengan mahasiswa, misalnya dalam bidang ekonomi dengan mendata UMKM milik warga ‘Aisyiyah, atau dengan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah dalam mendata peta mitigasi bencana.

LPPA juga diakui sebagai corong media dan garda terdepan bagi ‘Aisyiyah dalam memfilter berita-berita yang masuk. Izza menekankan pentingnya kampanye jam bermedia agar berita yang disampaikan tidak membawa madhorot, terutama untuk putra-putri ibu ‘Aisyiyah yang masuk dalam Gen Z. Tugas utama LPPA adalah membantu Sekretaris PDA dalam bersiar melalui media.

Baca juga, Dirut TVMu Pusat Kembali Kunjungi PWM Jateng, Persiapan TVMu Jateng Dipercepat

Ketua LPPA Jawa Tengah, Sri Haryani, hadir secara online sebagai keynote speaker dan memberikan apresiasi positif kepada PDA Sukoharjo yang memiliki LPPA hingga tingkat ranting. Hal ini disambut bangga oleh para peserta dan menjadi motivasi dalam menjalankan program. Sri Haryani memaparkan perbedaan program LPPA periode sebelumnya dengan periode sekarang dan memberikan amanat agar LPPA bisa membuat artikel yang dijadikan sebagai bahan kajian.

Dalam kegiatan Raker yang penuh semangat ini, Ketua LPPA Sukoharjo, Siti Nuzillah, menjelaskan Tanfidz LPPA PWA Jawa Tengah yang berisi program-program dan penjabarannya. Untuk memastikan pemahaman yang merata, peserta diajak mendiskusikan program-program tersebut dengan membaginya menjadi tiga divisi: Riset, Pendataan, dan Kajian.

Di akhir sesi, para peserta mempresentasikan hasil diskusi dengan mantap, diikuti oleh tanggapan-tanggapan. Salah satu poin program yang menarik perhatian adalah “Riset Penguatan Amal Usaha”. Fitri, salah satu peserta, menyoroti perlunya riset untuk memahami mengapa para pekerja di Amal Usaha Muhammadiyah memilih bekerja di Muhammadiyah tetapi tidak berideologi Muhammadiyah.

Ketua LPPA Sukoharjo, Siti Nuzillah, mengungkapkan rasa puas dan bangganya terhadap peserta yang berhasil memahami alur pembuatan program meski hasil tersebut akan dikaji kembali oleh pengurus LPPA Sukoharjo sebelum ditanfidzkan.

Kontributor : Shofi
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE