BeritaMajelis LembagaPWM Jateng

Rahasia Sukses Seminar Eco Teologi MLH PWM Jateng: Menjelajah Etika Lingkungan!

PWMJATENG.COM, Pati – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menggelar seminar Eco Teologi yang menghadirkan para tokoh terkemuka dan penggiat lingkungan. Acara ini menjadi sorotan utama dengan fokus pada etika lingkungan yang memukau di wilayah Eks-Karesidenan Pati, Sabtu (8/6).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk dosen UMY Gatot Supangkat dan timnya, serta pakar lingkungan Muchammad Sobri, yang juga Ketua MLH PWM Jateng, seminar ini memaparkan kolaborasi unik antara teologi dan iptek dalam memahami pentingnya kelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Sobri mengungkapkan, “Eco Teologi atau iptek yang harus diutamakan.” Pandangan ini diperkuat oleh Imron dari UNIMMA Magelang, yang menyatakan pentingnya kesadaran teologis dalam mengatasi masalah lingkungan modern.

Pentingnya Etika Lingkungan (Eling) diangkat sebagai titik fokus dalam seminar ini. Eling dianggap sebagai landasan moral bagi masyarakat dalam menjaga interaksi alam dan memberikan kontribusi terhadap keluarga miskin.

Baca juga, Inspiratif! 90 Sekolah Muhammadiyah Jateng Siap Bertransformasi Menjadi Sekolah Internasional!

Berbagai solusi juga dijelaskan, mulai dari pendidikan publik, regulasi pemerintah yang mendukung nilai agama, hingga kemitraan antara pemerintah, masyarakat sipil, dan agama untuk memperkuat etika dalam bermasyarakat.

Gatot dari UMY menambahkan, “Marilah berperilaku dengan benar dan bijak mengingat yang lain karena kita hidup bersama dalam mencapai keharmonisan sesama manusia dan makhluk.”

Penandatanganan MOU antara MLH PWM dan LPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi penutup yang manis bagi rangkaian seminar yang inspiratif ini. Melalui pemahaman dan komitmen bersama, diharapkan akan lahir gerakan yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kontributor : Kusnitah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE