AUM

Pesantren Ramadan Cetak Generasi Berakhlakul Karimah

PWMJATENG.COM, Pati – Bulan Ramadan menjadi momentum bagi satuan pendidikan untuk menggelar kegiatan positif yang melibatkan siswa-siswa. Begitu pula yang dilakukan SMP Muhammadiyah 1 Pati yang menyelenggarakan Pesantren Ramadan yang dimulai pada Jumat (31/3/23) kemarin.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Asih Dewi Oktavianti mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Ramadan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX.

“Pesantren Ramadan diikuti seluruh siswa dengan waktu yang berbeda. Setiap kelas waktu Pesantren Ramadan dua hari. Dan untuk siswa yang tidak Pesantren Ramadan tetap melaksanakan KBM,” terang Asih.

Selama Pesantren Ramadan siswa diwajibkan berpakaian muslim dan mengikuti dengan tertib dan khidmat, serta mencatat materi yang disampaikan oleh ustaz maupun ustazah.

Baca juga, Penolakan Ganjar dan Wayan Koster Tidak Apple to Apple dengan Penolakan Sukarno atas Timnas Israel

Sebagai penyaji materi selama Pesantren Ramadan, pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah menghendaki penyaji dari dewan guru sekaligus sebagai wadah untuk belajar berdakwah.

“Pelaksanaan Pesantren Ramadan, kami inginnya semua stakeholder terlibat termasuk bapak ibu guru. Maka untuk pemateri dari kalangan kita sendiri dan ini untuk belajar berdakwah,” jelas Lintal Muna selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Menurut Lintal Muna, kegiatan Pesantren Ramadan bertujuan meningkatkan kemandirian,  kedisiplinan, dan kejujuran, tentunya paham dengan keislaman.

“Dengan adanya Pesantren Ramadan, siswa dapat menerima materi ibadah dan akhlak lebih khusus, sehingga diharapkan siswa nantinya dapat melakukan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Lintal Muna.

Pelaksanaan Pesantren Ramadan dengan tema, “Menciptakan Generasi Qur’ani yang Berkualitas dan Berakhlakul Karimah” dilaksanakan di Aula SMP Muhammadiyah 1 Pati.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE