Ortom

Peringati Hari Lingkungan Hidup, LLHPB PDA Kebumen Beraksi

PWMJATENG.COM, Kebumen – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PDA Kebumen berkolaborasi dengan PDNA Kebumen menginisiasi giat penanaman rumput vetiver/akar wangi sejumlah 500 bibit yang merupakan bantuan dari BPDASHL Serayu Opak Progo (12/6).

Sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022 “Only One Earth, Satu Bumi Untuk Masa Depan”, Dukuh Kaliputih Desa Sempor kecamatan Sempor dipilih sebagai lokasi penanaman karena Desa Sempor masuk dalam zona merah desa dengan resiko bencana alam; salah satunya tanah longsor. Sesuai dengan fungsi dari rumput vetiver yaitu sebagai penahan longsor; mencegah erosi; dan banjir.

Ketua Karangtaruna Desa Sempor Agus Supriyantomengatakan, “Akar dari rumput vetiver ini dapat mencengkeram tanah sampai kedalaman kurang lebih 1,5 meter ke bawah tanah mengikat kuat tanah sehingga tidak mudah longsor.”

Kegiatan penanaman rumput vetiver ini sendiri didukung sepenuhnya oleh Muspika Kecamatan Sempor, Pemerintah Desa Sempor dan Asper Gombong Utara.

Baca juga, Wakil Ketua PWM Jateng Abdul Fattah Santoso Resmi Sandang Guru Besar Ilmu Sosiologi Islam

Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 100 orang relawan dari berbagai unsur, di antaranya Mahasiswa UNIMUGO; PCNA Sempor; MDMC Kebumen; Destana Sempor; GP Ansor Sempor; LMDH Sempor; dan Karangtaruna Desa Sempor. Turut hadir juga MLH PDM Kebumen, PDA Aisyiyah, PDNA Kebumen.

LLHPB Kebumen

Ketua LLHPB PDA Kebumen Ibu Widyastuti, S.T., M.T. dalam sambutannya mengatakan, “Tujuan dari giat menanam rumput vetiver ini adalah sebagai upaya mitigasi bencana tanah longsor. Dan diharapkan juga kepada Pemerintah Desa dan warga sekitar untuk ikut bersama-sama merawat apa yang sudah ditanam sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat sebagaimana mestinya. Diharapkan juga program penanaman ini dapat berkelanjutan tentunya dengan dukungan dari dinas terkait untuk pengadaan bibit tanamannya.”

“Terimakasih yang mendalam untuk semua pihak yang sudah mendukung berjalannya giat menanam rumput vetiver ini. KL Aisyiyah Kebumen, donatur, semua relawan,” pungkasnya.

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE