Pemuda Muhammadiyah Tembok Lor Perdalam Pembelajaran Seni Membaca Alquran

0
356

PWMJATENG.COM, ADIWERNA – Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran, bulan yang penuh berkah. Setiap insan manusia pasti menanti datangnya bulan suci ramadhan dan menggembirakannya. Dibulan ramadhan yang kebanyakan pemuda lebih asyik jalan-jalan (kurang faedah) ada juga yang tadarusan di masjid atau musholla (lebih faedah), Pipinan Ranting Pemuda Muhammadiyah  Tembok Lor mengadakan kajian ilmu tentang Pembelajaran Seni Membaca Alquran. Tepatnya malam Rabu, (22/5) bertempat di Masjid Al-Ishlah desa Tembok Lor dengan dihadiri sekitar 20 Pemuda yang ingin mendalami tentang seni membaca Alquran.

Dimulai dari malam bulan ramadhan pertama setelah sholat taraweh, para pemuda diajak untuk bertadarus Alquran dan secara bergantian sampai pukul 22.00 wib, namun khusus malam Rabu ada kajian ilmu yang disampaikan oleh Ustadz Hendi Sudono, beliau adalah mubaligh asal Brebes. Dengan suara khasnya beliau melatih para pemuda desa Tembok Lor mulai dari surat Al-Fatihah, dilanjut surat-surat pendek dan surat-surat Alquran yang panjang dengan menggunakan metode Langgam Jiharkah. Perasaan antusias terlihat dari para pemuda yang serius mendengarkan ayat-ayat yang dibacakan beliau.

Akhir kajian adalah praktek langsung dengan menggunakan microfon oleh para pemuda secara bergantian. Teknik membacanya sudah mulai terdengar walaupun kadang masih terbalik nadanya, yang penting dipraktekkan terus disetiap tadarus Alquran agar secara sendirinya nada tersebut terekam di otak kita dan nikmatilah dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran”, tutup Ustadz Hendi. (Az)