AUMBerita

Pelajar SMP di Semarang Bersaing Ketat pada Lomba Keagamaan dengan Tema Menarik

PWMJATENG.COM, Semarang – SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar lomba keagamaan yang mengundang 75 pelajar SMP negeri dan swasta se-Kota Semarang. Acara ini menjadi sorotan dengan tema “Ramadan Ceria dan Produktif” yang dipilih dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an pada Jumat, 29 Maret 2024, di SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

Para peserta lomba yang berasal dari berbagai sekolah membayar uang pendaftaran sebesar 15 ribu rupiah. Dalam rangkaian acara, setiap peserta juga mendapatkan souvenir berupa botol minum, bolpoin, buku, dan map.

Lomba ini menampilkan beberapa kompetisi, antara lain lomba khutbah, tartil, dan tahfidz Qur’an. Menariknya, ketiga lomba ini merupakan perhelatan perdana yang diadakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Peserta lomba berasal dari pelajar kelas 7 hingga kelas 9.

Setiap kompetisi akan menentukan tiga juara putra terbaik dan tiga juara putri terbaik. Pengumuman pemenang dilakukan pada hari yang sama dengan acara lomba.

Sutarto, Ketua Majelis Dikdasmendan PNF PDM Kota Semarang, mengajak para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Hal ini diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang menguasai khutbah dan penghafal Qur’an.

Baca juga, Boleh Bukber Asal Salat Maghrib Nggak Terlewat

“Saya berharap dari lomba ini akan muncul dai-dai muda dan penghafal Qur’an yang berpotensi,” ujar Sutarto.

Lukman Hakim, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, mengungkapkan bahwa banyaknya pelajar yang mengikuti lomba ini menunjukkan minat yang tinggi terhadap dunia khutbah dan MTQ. Hal ini dianggap sebagai angin segar untuk perkembangan keislaman di Kota Semarang.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Mohammad Furqon, menjelaskan bahwa lomba ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang keagamaan. Selain itu, lomba ini juga sebagai persiapan untuk mencetak bibit-bibit unggul dalam bidang dakwah seperti mubaligh, qori, dan hafidz.

“Dewan juri lomba ini berasal dari SMK dan sebagian besar dari praktisi yang ahli di bidangnya,” tambah Furqon.

Acara ini menjadi momen penting dalam mendukung pendidikan keagamaan di kalangan pelajar. Diharapkan, melalui lomba ini, akan lahir generasi yang semakin terampil dan berdedikasi dalam memperkuat keilmuan agama Islam di masa depan.

Berikut data juara perlombaan,

Juara Lomba Khitobah Putra :
  1. Mohammad Sofyan SMPM 3
  2. Lelananging Jagad SMPM 5
  3. Mohammad Hanief SMPM 5
Juara Lomba Khitobah Putri:
  1. Lismairani Dwi Y SMPM 4
  2. Rifda luthfiana SMPM 8
  3. Alifa Nabila sidiq SMPM 4
Lomba Tartil Putra
  1. Hafid ad Rizal SMPN 31
  2. Ricard iqfiros SMPM 4
  3. Moh Raja Arkan Ghani SMPN 22
Lomba Tartil Putri:
  1. Farah khayla SMPM 8
  2. Mutammimma SMPN 6
  3. Sabrina SMPM 6
Lomba tahfidz putra

1. Atta Reza SMPM 3.
1. Fadhilah Anas SMPN 22
2. Leonel Rifqi SMPM 1
3. Syafiq zaedan SMPM 4

(Juara 1 ada 2 anak karena nilai sama).

Lomba Tahfiz Putri:
  1. Cinta R SMPM 3
  2. Devina SMPM 8
  3. Mutiara SMPM 4

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE