AUMBerita

Market Day Pondok Pesantren Muhammadiyah Bangsri LKSA Mustadl’afin dan Ponpes MBS QUBA

PWMJATENG.COM, JeparaĀ ā€“Ā Kegiatan “Market Day” di Pondok Pesantren Muhammadiyah Bangsri menjadi sorotan utama, di mana santri tidak hanya menjadi penjual tetapi juga pembeli. Kegiatan ini tidak hanya membangkitkan semangat kewirausahaan, tetapi juga melatih manajemen keuangan para santri.

Market Day, yang merupakan inisiatif dari asatiz Ponpes Muhammadiyah Bangsri, diadakan di Komplek SMA Muhammadiyah Bangsri bersamaan dengan acara Pengajian Guru Perguruan Muhammadiyah Bangsri pada Ahad, 27 Januari 2023. Dalam kegiatan ini, santriwan dan santriwati berpartisipasi aktif dengan membuka 9 lapak yang menawarkan berbagai makanan dan minuman.

Pengasuh Ponpes Muhammadiyah Bangsri, Aries Bastian, menjelaskan bahwa Market Day diatur dengan kelompok-kelompok sesuai halaqah Al-Qur’an. Setiap kelompok memiliki modal dari iuran santri per halaqah, maksimal Rp. 10.000 per halaqah. Aries Bastian menyampaikan, “Dalam Market Day ini, santri berkesempatan berjualan makanan dan minuman seperti pentol kuah, seblak, curos, jamur krispy, ceker mercon, cilor, es ijo, es nutrijel, dan lain-lain.”

Baca juga, Inspiratif, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Resmi Jadi Masjid Unggul Percontohan Nasional!

Kegiatan ini juga memberikan peluang kepada santri untuk memamerkan hasil karya, seperti kaligrafi dari kaca dan gelas mug. “Meskipun tidak dijual, insyaallah dapat menerima pesanan. Para wali santri juga dapat menitipkan barang dagangan mereka untuk dijual,” tambah Ustaz Aries Bastian.

Aries Bastian menyampaikan kebahagiaannya melihat kesuksesan kegiatan ini. “Santri berhasil meraih keuntungan antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000. Mereka belajar bagaimana berjualan dengan modal minim, berkomunikasi efektif dengan pembeli, dan merasakan nikmatnya mencari nafkah,” ungkapnya dengan bangga.

Dalam harapannya, Aries Bastian berdoa agar kegiatan ini membawa manfaat dan berkah bagi santri serta semua pihak. “Semoga kegiatan ini menjadi bekal berharga bagi para santri dalam menghadapi tantangan di masa depan,” pungkasnya dengan penuh optimisme.

Kontributor : AriesĀ Bastian
Editor :Ā M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE