BeritaKabar Daerah

Bangun Ketahanan Bencana, MDMC Jepara Gelar Latihan Bersama

PWMJATENG.COM, Jepara – Lembaga Resilensi Bencana (LRB-MDMC) Jepara, menggelar Latihan Bersama Relawan Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara. Kegiatan ini memiliki tujuan strategis untuk meningkatkan kapasitas relawan Muhammadiyah dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana.

Ketua MDMC Jepara, Roy Alviantoro, S.Kep.,Ns.,MM, menjelaskan bahwa latihan ini akan menjadi kegiatan rutin bulanan. “Kami akan menyelenggarakan latihan ini setiap bulan dengan topik materi yang berbeda-beda hingga bulan Oktober. Puncaknya adalah Latihan Gabungan pada bulan Desember,” ujar Roy Alviantoro, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapan relawan.

Latihan perdana ini fokus pada aspek asesmen bencana, dengan melibatkan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara. Selain itu, materi Bantuan Hidup Dasar juga disajikan dengan Luthfi Hidayah, Perawat RS PKU Muhammadiyah Mayong, sebagai narasumber. Ini menunjukkan kerjasama yang erat antara MDMC Jepara dan berbagai pihak terkait untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat.

Baca juga, Inspiratif, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Resmi Jadi Masjid Unggul Percontohan Nasional!

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh, termasuk Ketua PDM Jepara KH. Fachrurrozi, SE., Wakil Ketua PDM Jepara Gardana Pujakesuma, serta perwakilan dari organisasi otonom Muhammadiyah seperti Kwarda HW, IPM, PDPM, dan LLHPB Aisyiyah Jepara. Mereka berkumpul di SMP Muhammadiyah Jepara, menunjukkan dukungan dan keterlibatan berbagai pihak dalam upaya penanggulangan bencana.

KH Fachrurrozi, dalam sambutannya, menggarisbawahi nilai keikhlasan dalam menjadi relawan. “Sebagai relawan, kita dituntut untuk berbuat dengan ikhlas tanpa mengharapkan bayaran. Saya sangat mengapresiasi niat baik saudara-saudara yang mengabdikan diri sebagai relawan,” ucapnya.

Dengan kegiatan rutin ini, MDMC Jepara berharap dapat membekali relawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi berbagai jenis bencana. Latihan bersama ini juga menciptakan sinergi antara Muhammadiyah dan instansi terkait dalam menjalankan peran kemanusiaan. Semua ini demi membangun ketahanan masyarakat di Kabupaten Jepara dalam menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di masa depan.

Kontributor : Roy Alviantoro
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE