AUMBerita

Mahasiswa UMY Berkolaborasi dengan PMI di Jeddah, Ini Program Pemberdayaan Mereka!

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Umroh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menjalankan misi pemberdayaan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah sukses membuat gebrakan dengan program “Pelatihan Usaha Make Up Artist” untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di shelter KJRI Jeddah.

Sekar Aleyda, salah satu anggota kelompok KKN-Umroh UMY, mengungkapkan perbedaan pengalaman antara KKN reguler dan KKN di KJRI Jeddah. “Meskipun kami ditempatkan di KJRI Jeddah yang merupakan basis kantor diplomatik, kami tetap fokus pada pemberdayaan, berbeda dengan KKN reguler pada umumnya yang ditugaskan di desa-desa,” jelas Sekar.

Dinda Pramesti dan Ramdan Rahman Fauzi, juga anggota tim KKN-Umroh UMY di KJRI Jeddah, menitikberatkan program pemberdayaan pada pelatihan makeup artist. Keputusan ini didasarkan pada mayoritas penghuni shelter PMI yang merupakan wanita. “Sebagian besar penghuni shelter adalah ibu-ibu, sehingga kami melihat pelatihan makeup artist sebagai suatu pekerjaan yang dapat meningkatkan skill dan berpotensi menjadi bisnis ketika mereka kembali ke Indonesia,” ungkap Sekar.

Baca juga, Yuk Pahami Dasar Kriteria Wujudul Hilal!

Pelatihan makeup artist telah sukses dilaksanakan pada 13 Januari 2024, dan kelompok KKN-Umroh berencana melanjutkan dengan pemberdayaan pelatihan Bisnis Online pada 20 Januari 2024. Respons positif pun datang dari PMI yang berada di shelter KJRI Jeddah. “Para PMI sangat ramah dan antusias menyambut kami, baik ketika mengikuti pelatihan maupun saat menyaksikan materi yang kami bawakan,” tambah Sekar.

Pihak KJRI Jeddah mengapresiasi kedatangan kelompok KKN-Umroh dan inisiatif mereka dalam berinteraksi langsung dengan PMI. Kelompok KKN-Umroh Batch 3 di KJRI Jeddah merupakan kelompok pertama yang menjalankan program pemberdayaan yang langsung berhubungan dengan PMI yang berada di shelter. Terima kasih pun disampaikan oleh pihak KJRI Jeddah atas kontribusi positif yang diberikan oleh mahasiswa UMY.

Dengan demikian, keberhasilan program pemberdayaan ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa UMY dan PMI di Jeddah, menciptakan kolaborasi yang membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE