BeritaKabar Daerahmdmc

Magelang Kekeringan, Muhammadiyah Salurkan Bantuan 554 Ribu Liter Air

PWMJATENG.COMMagelang – Kemarau panjang tahun ini telah menyebabkan sumber air di beberapa tempat wilayah Kabupaten Magelang mengering. Warga pun mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Muhammadiyah Kabupaten Magelang melalui MDMC (Muhammadiyah Disaster Managemen Centre), berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak kemarau dengan melakukan droping air bersih.

Koordinator Tanggap Darurat MDMC Kabupaten Magelang, Ichwan Harisudin mengatakan kegiatan droping air bersih untuk warga masyarakat telah berlangsung sejak bulan September 2023.

“Sampai dengan 11 Nopember 2023, dropping air bersih sudah mencapai 554,440 liter. Air sejumlah itu didistribusikan kepada 3741 warga masyarakat yang tinggal di 11 wilayah kecamatan terdampak,” katanya.

Ichwan menambahkan, 11 Kecamatan itu adalah Salaman, Borobudur, Sawangan,  Pakis Candimullyo, Tegalrejo, Muntilan. Ngluwar, Mungkid, Grabag,  dan Ngablak.

“Droping air ini juga dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan masjid/musala/pesantren/ sekolah yang membutuhkan, semuanya berjumlah 15 lokasi,” imbuhnya

Tidak hanya itu, MDMC juga melakukan droping air minum bagi warga.

“Kami mendapat bantuan Water Treatment Portable dari Humanity Matter Temasek Fondation Singapura. Alat ini bisa digunakan untuk mengolah air bersih siap minum. Pas kemarau alat ini bisa dimanfaatkan,” jelas Ichwan.

Untuk pengiriman air minum hasil olahan tersebut ke lokasi terdampak,  MDMC menggunakan galon air kapasitas 15 liter. Hingga saat ini MDMC sudah mengirim 1060 galon.

MDMC juga membantu masyarakat dalam bentuk mesin pompa air.

“Harapannya, dengan mesin pompa air, masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan air secara mandiri sehingga tidak tergantung droping dari relawan,” pungkas Ichwan.

Kegiatan ini melibatkan  17 kendaraan dan 115 personil relawan Muhammadiyah dari berbagai unsur seperti Organisasi Otonom (Ortom), Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), jamaah Muhammadiyah serta simpatisan.

MDMC juga didukung dana dari Lazismu Kabupaten Magelang baik Lazismu daerah ataupun kantor layanan Lazismu cabang.

Kontributor : Sapari
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.