Lazismu Kota Magelang Luncurkan Gerobak “Angkringanmu” Dalam Program Pemberdayaan Ekonomi

PWMJATENG.COM – Magelang. Sebanyak 2 gerobak angkringan diserahkan kepada penerima manfaat Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang dalam program pemberdayaan ekonomi. Dua gerobak tersebut diserahkan kepada Singgih Hardjanto dan Saidi.

Penyerahan tersebut disambut baik dan gembira oleh kedua penerima manfaat. Selain gerobak, Lazismu juga memberikan dana untuk modal usaha angkringan dengan branding “Angkringan-mu”.

Abdul Qodir selaku staf eksekutif Lazismu mengatakan bahwa dalam Indikator Kinerja Layanan Lazismu (IKAL) ditahun 2021 ada program pemberdayaan ekonomi. Diharapkan, dengan adanya program tersebut mampu memberikan peningkatan ekonomi umat sehingga dapat bermanfaat.

“Lazismu sudah mulai meninggalkan model-model pentasyarufan yang hanya habis konsumtif. Dengan program pemberdayaan ekonomi, diharapkan mampu menjadi ketahanan penguatan ekonomi keluarga penerima manfaat”, katanya.

BACA JUGA  Tokomu, Solusi Alternatif Penguatan UMKM

Pentasyarufan ini dilakukan pada awal bulan maret dan akhir bulan maret tahun 2021.

Senada, Andi Triyanto selaku Ketua Lazismu Kota Magelang menegaskan bahwa apa yang diamanahkan oleh para muzakki benar-benar dikelola secara profesional dan amanah. Ini menjadi sebuah komite lembaga atas amanah umat yang dipercayakan kepada Lazismu.

“Kita berharap, program ini menjadi bagian dari syiar gerakan zakat. Dengan program pemberdayaan seperti ini kita edukasi agar tetap menyisihkan hasil usahanya untuk dikeluarkan zakat atau infaq”, paparnya.

Lanjutnya, para penerima manfaat juga menjadi binaan Lazismu yang nantinya tidak hanya sekedar urusan bantuan. Namun, jangka panjang dapat menjadi komunitas kebaikan seperti pembinaan dalam pengajian dan yang lain.

BACA JUGA  Happy Kids in Action 2017 MIM Gonilan: Merealisasikan Kebaikan dan Kebahagiaan Anak

“Ada sisi dakwah yang ingin kita selipkan tentunya”, tegasnya.

Salah satu penerima manfaat, bapak Saidi merasa bersyukur dengan adanya program dari Lazismu untuk dirinya. Ceritanya, selama ini dia menyewa gerobak setiap malam Rp. 20.000,-. Sekarang dirinya punya gerobak sendiri dengan ketentuan dari Lazismu yang menurutnya tidak memberatkan.

“Terimakasih Lazismu atas bantuan program Angkringan-mu. Semoga Allah membalas para muzakki Lazismu dengan balasan terbaik. Lazismu ssmakin bermanfaat”, ucapnya saat penyerahan gerobak.

Total
19
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts