Khayun Fulanun: Hizbul Wathan Pandu Terhebat se-Indonesia

0
460

PWMJATENG.COM, PATI –  Bertepatan dengan acara Muhrojan Penghela Penuntun Hizbul Wathan se-Jawa Tengah yang berlangsung di Bumi Perkemahan Regaloh Kabupaten Pati pada tanggal satu hingga empat Agustus 2018, Khayun Fulanun selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa Hizbul Wathan merupakan pandu terhebat se-Indonesia. Sosok yang merupakan Sekretaris Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kabupaten Pati ini, mengungkapkan hal tersebut karena adanya beberapa hal yang tidak ada di pandu-pandu lainnya. Sebagaimana yang telah diketahui oleh masyarakat, bahwa ada beraneka ragam gerakan kepanduan di Indonesia yang diantaranya adalah Pramuka, Hizbul Wathan, Wira Tamtama, Nationale Padvinderij, dan masih banyak lagi.

Ramanda Khayun Fulanun menjelaskan bahwa hal-hal yang menjadikan Hizbul Wathan merupakan pandu terhebat di Indonesia antara lain adalah Hizbul Wathan merupakan media pebelajaran, media berlatih, media kaderisasi, dan media alat perjuangan; Hizbul Wathan merupakan gerakan kepanduan yang prospektif dan progresif dalam penanaman akhlaq dan karakter kader bangsa; Hizbul Wathan secara bahasa artinya pembela tanah air, yang berarti pembela tanah air yang selalu memberi kebermanfaatan dan kemaslahatan bagi bangsa dan negara.

“Dengan adanya ketiga hal tersebut justru tidak mengurangi hubungan baik antara Hizbul Wathan dengan gerakan kepanduan lainnya, misalnya antara Hizbul Wathan dengan Pramuka yang merupakan mitra yang sama-sama menjadi wadah untuk belajar dan berlatih.”, ungkap Ramanda Khayun Fulanun di akhir wawancara.(Oleh: Tuti Astha3)