Berikut Poin Yang Wajib Dimiliki Kepala Sekolah Muhammadiyah Di Jawa Tengah Menurut Tafsir

Drs Tafsir, M.Ag - Ketua PWM Jawa Tengah Dalam Pelantikan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Pekajangan
Drs Tafsir, M.Ag Dalam Pelantikan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Pekajangan

PWMJATENG. COM – Pekalongan, Menjadi kepala sekolah terlebih sekolah swasta tentu harus memiliki kompetensi yang unggul karena tantangan yang dihadapi cukup besar. Untuk itu ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir, menyebutkan beberapa point yang harus dimiliki oleh kepala sekolah di Muhammadiyah. Hal tersebut disampaikan saat sesi wawancara pada acara pelantikan Kepala SMA Muhammadiyah Pekajangan di Kota Pekalongan (23/1).

Pertama adalah faham tentang filosofi pendidikan Muhammadiyah, yaitu memajukan, memperbaharui (tajdid) dan menerapkan. “Jadi sesuai dengan filosofi pendidikan Muhammadiyah. Kepala sekolah harus punya kemampuan memajukan memperbaharui dan menerapkan. Maka setiap kepala sekolah harus bisa menerjemahkan filosofi itu”, tegasnya.

Menurut Tafsir, selain kompetensi standar sebagai kepala sekolah yang harus dimiliki. Maka kepala sekolah harus inovatif dan memiliki semangat tajdid yaitu semangat memperbaharui dan mengembangkan pendidikan di Muhammadiyah.

BACA JUGA  Perguruan Muhammadiyah Lebaksiu , SMP/SMK Muhammadiyah Lebaksiu Berangkatkan Tim Kejurnas Tapak Suci

“Maka kepala sekolah harus mempunyai kompetensi sebagai kepala sekolah, profesional dan inovatif, semangat tajdid yaitu memperbaharui dan mengembangkan pendidikan di Muhammadiyah”, imbuhnya. Menurutnya hal tersebut merupakan prinsip untuk menjadi kepala sekolah di Muhammadiyah.

Maka kepala sekolah harus punya kompetensi sebagai kepala sekolah yang profesional inovatif, dan memiliki semangat tajdid serta memahami filosofi pendidikan Muhammadiyah.
Memperbaharui dan mengembangkan pendidikan. Ini menjadi prinsip kepala sekolah di Muhammadiyah khususnya di Jawa Tengah. (TR)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts