Berita

Kejutan! Jamaah Haji KBIHU Muhammadiyah Jepara Adakan Tadabur Alam di Mekah

PWMJATENG.COM, Mekkah – Jamaah Haji dari KBIHU Muhammadiyah Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan tadabur alam, yang diikuti oleh 72 jamaah dengan menggunakan dua armada bus pada Selasa, (4/6).

“Rombongan bus pertama dipandu oleh Sholeha Ariyani, yang akrab dipanggil Mbak Anik, dan Lukman. Sedangkan rombongan bus kedua dipandu oleh Aries Bastian dan Yusron Kamal. Pengenalan lingkungan bertajuk tadabur alam ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melihat situs-situs sejarah para Rasul akan memunculkan rasa kagum yang luar biasa atas kekuasaan Allah SWT dan juga semangat para Rasul dalam menegakkan agama Allah Swt. menjadi pemicu semangat jamaah,” terang Nur Hidayah, salah satu peserta dari KBIHU Muhammadiyah Jepara.

Karena keterbatasan waktu, hanya beberapa tempat yang dapat dikunjungi, di antaranya adalah Jabal Tsur, Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Yusron Kamal, yang memandu rombongan bus kedua, memberikan ringkasan singkat tentang situs-situs yang dikunjungi selama perjalanan. “Alhamdulillah, penjelasan ini dapat menambah pengetahuan dan keimanan jamaah,” ujar Yusron.

Pada akhir perjalanan, sebelum turun dari bus di penginapan Hotel Danah Aldianah 504, Aries Bastian menyampaikan harapannya kepada para jamaah. “Semoga dengan perjalanan yang sangat singkat ini, jamaah dapat menambah ketaqwaan dan spirit ketaqwaan tersebut memperkuat jiwa dalam melaksanakan ibadah haji yang masih beberapa hari ke depan,” pungkas Nur Hidayah.

Baca juga, Bijak Menyikapi Masalah Khilafiyyah Fikih

Kegiatan tadabur alam ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman spiritual yang mendalam, tetapi juga meningkatkan pengetahuan sejarah Islam dan memperkuat iman para jamaah haji. Dengan melihat langsung tempat-tempat bersejarah, para jamaah diharapkan dapat merasakan keagungan perjuangan para Rasul dan mengambil hikmah dari perjalanan mereka dalam menegakkan agama Islam.

Kegiatan semacam ini menjadi bukti nyata bahwa haji bukan hanya tentang ritual, tetapi juga tentang pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan ajaran Islam. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif yang mendalam bagi seluruh peserta, memperkuat keimanan mereka, dan membawa keberkahan dalam pelaksanaan ibadah haji mereka.

Tadabur alam oleh KBIHU Muhammadiyah Kabupaten Jepara diharapkan menjadi inspirasi bagi jamaah lainnya untuk memanfaatkan waktu di Tanah Suci dengan kegiatan yang memperkaya spiritualitas dan pengetahuan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pengelolaan waktu dan kegiatan yang baik dapat memberikan manfaat besar bagi para jamaah, baik secara spiritual maupun intelektual.

Kontributor : Nur Hidayah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE