Berita

Jawa Barat Resmi Jadi Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan VII Tahun 2024 Tingkat Nasional

PWMJATENG.COM, Jakarta– Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menyelenggarakan Olimpiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VII Tingkat Nasional tahun 2024 .Olympicad merupakan ajang prestasi dan pengembangan potensi bagi siswa dan guru Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Sebelumnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah pada tanggal 28-30 Juli 2023 di SM Tower & Convention Yogyakarta merekomendasikan Provinsi Bali sebagai tuan rumah. Namun dalam perkembanganya Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah akhirnya memutuskan Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah Olympicad VII. Hal tersebut tertuang dalam SK Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah nomor 396/SK/I.4/F/2023 perihal Penetapan Tuan Rumah Olympicad VII Siswa dan Guru Muhammadiyah Tingkat Nasional.

Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi, Ph.D mengatakan kegiatan Olympicad Nasional ini merupakan agenda resmi Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah yang diselenggarakan tiap dua tahun.

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan peningkatan prestasi siswa dan guru Muhammadiyah se-Indonesia”ucapnya.

Baca juga: Kreatifitas Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 01 Keling

Didik Suhardi, juga menambahkan Olympicad mendorong siswa dan guru Muhammadiyah untuk berkompetisi dan mengasah kemampuan mereka di berbagai bidang. Hal ini akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan Muhammadiyah. Selain itu Olimpiade memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk menunjukkan potensi dan prestasi sebagai kebanggaan bagi Muhammadiyah dan masyarakat.

“Olimpiade Ahmad Dahlan ke VII sempat tertunda karena pandemi Covid-19 dan Muktamar Muhammadiyah 48 di Solo, mohon dukungan semua pihak untuk kesuksesan Olympicad VII di Jawa Barat ” ujar Didik Suhardi yang juga Deputi V Kemenko PMK RI.

Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah langsung melakukan rapat kordinasi dengan Ketua PWM Jawa Barat, Dikdasmen PNF Jawa Barat, Rektor UMB, Forum Guru Muhammadiyah Jawa Barat, PWA dan Ortom Tingkat Provinsi bertempat di Universitas Muhammadiyah Bandung, Selasa (31/10/23). Hadir dari Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi, Ph.D, M. Khoirul Huda, Arbaiyah Yusuf, Ghufron Amirulloh, Dandi Wijaya dan Tim Sekertariat.

Sekertaris Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah M. Khoirul Huda, M.Pd menyampaikan hasil kordinasi dengan PWM jawa Barat mendapat respon positif dan Jawa Barat siap menjadi tuan rumah Olympicad VII. Pertemuan tersebut juga menyepakati beberapa hal seperti waktu, tempat, rencana cabang lomba dll. Kegiatan akan dipusatkan di kota Bandung.

“Saat ini Majelis sedang gerak cepat untuk persiapan Olympicad VII, untuk pelaksanaan kegiatan akan kita laksanakan di bulan Februari 2024 setalah pemilu, dalam waktu dekat akan segera kami launching logo dan panduan Olympicad VII di Jawa Barat” Ujar Huda.

Adapun Bidang Lomba Olympicad yaitu Olimpiade Akademik dan Mata Pelajaran, Kreativitas, Lomba untuk Siswa, Lomba Guru, Lomba Sekolah, Islamic, Tekhnologi dan Olahraga. Adapun rencana kegiatan pendukung Olympicad seperti Seminar Internasional, Education Expo, Bazar, Silatnas Forum Guru Muhammadiyah.

(Tim Media majelis Dikdasmen PNF PP Muh)

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.