AUMBerita

Inovatif dan Mudah! Sulap Stik Es Krim Jadi Lampu Hias Unik, Bikin Sudut Ruangan Makin Cantik!

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Dunia kerajinan tangan terus berkembang, dan kali ini hadir kreasi yang inovatif dan terjangkau, yaitu lampu hias dari stik es krim. Menyambut waktu jeda sumatif akhir semester 1 (SAS 1), siswa kelas 3C SD Muhammadiyah Palur dengan kreativitas tinggi dan bimbingan dua guru menciptakan lampu hias unik dari bahan sederhana, stik es krim (7/12).

Ayuniar, S.Pd, wali kelas, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dalam menciptakan kreasi yang tidak hanya bermanfaat sebagai hiburan tetapi juga sebagai bekal wirausaha di masa depan. “Stik es krim adalah sarana yang paling mudah digunakan untuk berkreasi, dan karya seperti lampu hias ini dapat meningkatkan nilai jual produk dari stik es krim,” ujarnya.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam membuat lampu hias dari stik es krim:

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Lem (lem tembak / lem castol / lem fox)
  3. Lampu, kabel, dan fitting lampu

Baca juga, Mengungkap Rahasia Kebahagiaan: Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir Bocorkan Lima Kunci Hidup Bahagia ala Rasulullah!

Cara Membuat:

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Tempelkan stik es krim hingga membentuk persegi.
  3. Susun stik sehingga membentuk tingkatan persegi, ulangi hingga mencapai 5 tingkat.
  4. Buat 7 tingkat persegi yang disusun sebelumnya, kemudian rekatkan secara silang untuk membentuk menara. Sisa 1 tingkat digunakan sebagai alas lampu.
  5. Tambahkan alas bawah berbentuk segienam agar lampu memiliki ketinggian dan kabel tidak menekuk.
  6. Gabungkan alas lampu, menara stik, dan alas bawah segienam.
  7. Lampu tidur siap dinyalakan.

Ayuniar menyatakan kegembiraannya karena selain meningkatkan kreativitas, kegiatan ini juga memupuk sikap tolong-menolong di antara siswa. “Anak-anak tidak hanya senang dan antusias dalam pembuatan lampu hias, tetapi juga saling membantu satu sama lain. Sikap peduli sesama mereka luar biasa,” ungkapnya.

Muhammad Yusuf, salah satu siswa kelas 3C, mengungkapkan kebahagiaannya selama proses pembuatan lampu. “Happy dan seru membuat karya lampu tidur, awalnya mungkin terlihat sulit, tapi dengan bimbingan guru, kami bisa membuatnya dengan mudah. Nantinya, saya ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah,” ujarnya.

Kreasi lampu hias dari stik es krim ini bukan hanya menghibur, tetapi juga memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk terus berkreasi dengan bahan yang sederhana dan terjangkau.

Kontributor : Choerul Anam
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE